Selasa, 25 Februari 2020

Manfaat Kegiatan Menganalisis Butir Soal (skripsi dan tesis)


Berdasarkan pendapat yang diungkapkan oleh Anastasia dan Urbina (1997) dalam Suprananto (2012), analisis butir soal memiliki banyak manfaat, diantaranya yakni:
1.         Membantu pengguna tes dalam mengevaluasi kualitas tes yang digunakan,
2.         relevan bagi penyusunan tes informal seperti tes yang disiapkan guru untuk siswa dikelas,
3.         mendukung penulisan butir soal yang efektif,
4.         secara materi dapat memperbaiki tes di kelas,
5.         meningkatkan validitas soal dan reliabilitas.
     Linn dan Gronlund (1995) dalam Suprananto (2012: 163), menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan analisis butir soal, biasanya didesain untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.         Apakah fungsi soal sudah tepat?
2.         Apakah soal telah memiliki tingkat kesukaran yang tepat?
3.         Apakah soal bebas dari hal-hal yang tidak relevan?
4.         Apakah pilihan jawabannya efektif?
Selain itu, data hasil analisis butir soal juga sangat bermanfaat sebagai dasar untuk:
1.      Diskusi tentang efisien hasil tes,
2.      kerja remedial
3.      peningkatan secara umum pembelajaran di kelas,
4.      peningkatan keterampilan pada kontruksi tes.
Berdasarkan uraian di atas menunjukkan bahwa analisis butir soal memberikan manfaat:
1.         Menentukan soal-soal yang cacat atau tidak berfungsi dengan baik,
2.         meningkatkan butir soal melalui tiga komponen analisis yaitu, tingkat kesukaran, daya pembeda dan pengecoh soal,

3.         merevisi soal yang tidak relevan degan materi yang diajarkan, ditandai dengan banyaknya anak yang tidak dapat menjawab butir soal tertentu.

Tidak ada komentar: