Jumat, 28 Februari 2020

Manfaat dari Kegiatan Kolase dari daun Pisang (skripsi dan tesis)

Ada banyak manfaat yang akan di dapat dari kegiatan kolase dari daun pisang keringyaitu : 
1. Melatih Motorik Halus Saat bermain kolase, anak harus menempelkan satu persatu guntingan dari daun pisang yang digunakan untuk kolase.Sebagian anak mungkin agak kesulitan melakukannya karena butuh gerakan-gerakan halus dan jari jemari untuk menempelkan dibidang gambar.Kemampuan morik halus yang baik sangat penting karena berpengaruh terhadap aktivitas anak sehari-hari. 
2. Meningkatkan Kreativitas Pilih permainan kolase yang juga memancing kreativitas. Salah satunya yang menyedikan pilihan, baik warna, bidang tempel, karakter, atau lainnya yang memenuhi selera
3. Melatih Konsentrasi Butuh konsentrasi cukup tinggi bagi anak saat menempel. Lambat laun kemempuan konsentrasinya akan semakin terarah. Pada saat kosentrasi menempel dibutuhkan pula koordinasi pergerakkan tangan dan mata.Koordinasi ini sangat baik untuk merangsang pertumbuhan otak di masa yang sangat penting.
 4. Mengenal Warna Kolase terdiri atas banyak sekali warna : merah, hijau, kuning, biru, dan lainnya. Anak dapat belajar mengenal warna agar wawasan dan kosa katanya bertambah. 
5. Mengenal Bentuk Selain warna, beragam bentuk pun pada kolase.Ada segitiga, segiempat, lingkaran, persegi panjang, dan gambar-gambar yang bukan geometris.Pengenalan bentuk geometris dasar yang baik, kelak membuat anak lebih memahami lingkungannya dengan baik.Pemehaman ini membuat otak lebih aktif sehingga kecerdasan anak tumbuh lebih maksimal. 
6. Melatih Memecahkan Masalah Kegiatan kolase merupakan sebuah masalah yang harus diselesaikan anak.Tetapi bukan masalah yang sebenarnya, melainkan sebuah permainan yang harus dikerjakan anak.Masalah yang mengasikkan yang b mebuat anak tanpa sadar sebenarnya sedang dilatih untuk memecahkan sebuah masalah. 
7. Mengasah Kecerdasan Splokasial Kecerdasan special adalah kemampuan seseorang untuk mengenal dan memahami ruang. Kemampuan special akan ikut terasah dalam permainan kolase ini. 8. Melatih Ketekunan Tak mudah menyelesaikannya kegiatan kolase dalam waktu cepat. Butuh ketekunan dan kesabaran saat mengerjakannya mengingat setiap bentuk yang akan ditempel satu persatu. Tak heran bila permainan ini pun dapat melatih ketekunan dan kesabaran anak. 
9. Meningkatkan Kepercayaan Diri Bila anak mampu menyelesaikannya, dia akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Dalam dirinya tumbuh kepercayaan diri bahwa dia mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.Kepercayaan diri sangat positif untuk menambah daya kreativitas anak karena mereka tidak kuat atau malu saat mengerjakan sesuatu

Tidak ada komentar: