Menurut Ekawarna (2009) penelitian tindakan kelas pada dasarnya
memiliki sejumlah karakteristik atau ciri-ciri sebagai berikut :
a. Bersifat siklis atau berulang, artinya dalam PTK terdapat siklus-siklus atau
perulangan mulai dari perencanaan, pemberian tindakan, pengamatan dan
refleksi sebagai prosedur baku PTK.
b. Bersifat jangka panjang atau longitudinal, artinya PTK harus berlangsung
dalam jangka waktu lama yang tertentu (misalnya 2-3 bulan) secarakontinu untuk memperoleh data yang diperlukan, bukan “sekali tembak”
selesai pelaksanaannya.
c. Bersifat particular - spesipik, jadi tidak bermaksud melakukan
generalisasi dalam rangka menguji atau menemukan teori-teori. Hasinya
pun tidak untuk di generalisasi meskipun mungkin diterapkan oleh orang
lain, di tempat lain yang konteksnya mirip.
d. Bersifat partisipatoris, dalam arti guru sebagai peneliti sekaligus pelaku
perubahan dan sasaran yang perlu di ubah.
e. Bersifat emik (bukan etik), artinya PTK memandang pembelajaran
menurut sudut pandang orang dalam yang tidak berjarak yang di teliti,
bukan menurut pandang orang luar yang berjarak dengan hal yang di teliti.
f. Bersifat kalobaratif atau kooperatif, artinya dalam pelaksanaan PTK selalu
terjadi kerja sama atau kerja sama antara peneliti (guru) dan pihak lain
demi keabsahan dan tercapainya tujuan penelitian.
g. Bersifat kasuistik, artinya PTK menggarap kasus-kasus spesipik atau
khusus dalam pembelajarang yang sifatnya nyata dan terjangkau oleh
guru, menggarap masalah-masalah yang memiliki urgensi tinggi.
h. Menggunakan konteks alamiah kelas, artinya kelas sebagai ajang
pelaksanaan PTK tidak perlu dimanipulasi dan atau direkayasa demi
kebutuhan, kepentingan dan tercapainya tujuan penelitian.Mengutamakan adanya kecukupan data yang diperlukan untuk mencapai
tujuan penelitian, bukan kerepresentasikan (keterwakilan jumlah) sampel
secara kuantitatif.
j. Bermaksud mengubah kenyataan, dan situasi pembelajaran menjadi lebih
baik dan memenuhi harapan, bukan bermaksud membangun teori dan
menguji hipotesis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar