Belajar adalah kegiatan berproses dan merupakan unsur yang sangat
fundamental dalam penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan, hal ini berarti
Universitas Sumatera Utara
keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada keberhasilan
proses belajar siswa di sekolah dan lingkungan sekitarnya.
Pada dasarnya belajar merupakan tahapan perubahan perilaku siswa yang
relatif positif dan mantap sebagai hasil interaksi dengan lingkungan yang melibatkan
proses kognitif (Syah, 2003).
Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan
belajar (Abdurrahman,1999). Dalam kegiatan pembelajaran, biasanya guru
menetapkan tujuan belajar. Siswa yang berhasil dalam belajar adalah yang berhasil
mencapai tujuan – tujuan pembelajaran atau tujuan intruksional.
Menurut Benjamin S. Bloom tiga ranah hasil belajar yaitu kognitif, afektif,
dan psikomotorik.
Menurut A.J. Romizowski hasil belajar merupakan keluaran
(output) dari suatu sistem pemrosesan masukan (input). Masukan dari sistem tersebut
berupa bermacam – macam informasi sedangkan keluarannya adalah perbuatan atau
kinerja (performance) (Abdurrahman, 1999).
Untuk memperoleh hasil belajar, dilakukan evaluasi atau penilaian yang
merupakan tindak lanjut atau cara untuk mengukur tingkat penguasaan siswa.
Kemajuan prestasi belajar siswa tidak saja diukur dari tingkat penguasaan ilmu
pengetahuan tetapi juga sikap dan keterampilan. Dengan demikian penilaian hasil
belajar siswa mencakup segala hal yang dipelajari di sekolah, baik itu menyangkut
pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Hasil belajar adalah segala sesuatu yang menjadi milik siswa sebagai akibat
dari kegiatan belajar yang dilakukannya (Juliah, 2004). Menurut Hamalik (2003)
hasil belajar adalah pola – pola perbuatan, nilai – nilai, pengertian – pengertian dan
sikap – sikap, serta persepsi dan abilitas. Dari kedua pernyataan tersebut dapat
disimpulkan bahwa pengertian hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa
secara nyata setelah dilakukan proses belajar sesuai dengan tujuan pengajaran.Tujuan belajar adalah sejumlah hasil belajar yang menunjukkan bahwa siswa
telah melakukan perbuatan belajar, yang umumnya meliputi pengetahuan,
keterampilan dan sikap – sikap baru, yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa
(Hamalik, 2005)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar