Multidimensional Scaling tidak memiliki asumsi yang baku dalam
metodologinya, tipe data atau hubungan antar variabel-variabelnya. Dalam
MDS hanya mensyaratkan bahwa peneliti menerima beberapa prinsip
mengenai persepsi yang meliputi :
a. Pembatasan multidimensionalscaling
Diasumsikan bahwa kemiripan stimulus A dan B sama dengan
stimulus B ke A. Akan tetapi ada beberapa kasus yang asumsi ini tidak
berlaku.
b. Variasi dimensi
Tiap-tiap responden tidak akan menilai suatu stimulus di
dalam dimensi yang sama. Misalnya, seseorang mungkin akan menilai
sebuah mobil dari tenaga dan modelnya, sedangkan yang lain tidak
memperhatikan faktor ini melainkan sebuah mobil dari harga dan
kenyamanannya.
c. Variasi kepentingan
Responden tidak menilai kepentingan dimensi pada tingkat
yang sama, walaupun serluruh responden menilai dimensi tersebut.Misalnya, dua orang responden menilai suatu minuman ringan dari
tingkat karbonasinya. Seorang responden mungkin akan menilai bahwa
faktor ini tidaklah penting, sedangkan yang lainnya menilai bahwa
faktor ini penting.
d. Variasi waktu
Pernyataan yang didapat dari stimulus-stimulus tidak bisa
digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan kata lain, peneliti
tidak dapat mengharapkan persepsi yang stabil dari waktu ke waktu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar