Mangkunegara (2009, p. 9) mendefinisikan team performance sebagai hasil kerja
secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seorang pegawai dalam melaksanakan
tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Nawawi (2006, p.
63) mengatakan team performance dikatakan tinggi apabila suatu target kerja dapat
diselesaikan pada waktu yang teapt atau tidak melampui batas waktu yang
disediakan. Menurut Bernadin dan Russel (2003) ada enam criteria untuk menilai
team performance, yaitu:
1. Quality
Merupakan sebuah tingkatan yang menunjukkan proses pekerjaan atau hasil
yang telah dicapai dari suatu pekerjaan yang mendekati kesempurnaan.
2. Quantity
Merupakan jumlah yangdiproduksi yang dinyatakan dalam nilai mata uang,
jumlah unit produksi ataupun dalam jumlah siklus aktivitas yang telah
terselesaikan.
3. Timeliness Merupakan sebuah tingkatan yang menunjukkan bahwa suatu pekerjaan dapat
terselesaikan lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan.
4. Cost effectiveness
Merupakan suatu tingkatan yang paling maksimal dari penggunaan sumber
daya (manusia, keuangan, teknologi) yang dimiliki perusahaan untuk
mendapatkan keuntungan yang maksimal atau mengurangi kerugian dari
masing-masing unit atau sebagai pengganti dari pengguna sumber daya.
5. Komitmen
Merupakan suatu tingkatan dimana karyawan dapat menciptakan suasana
nyaman dalam bekerja, percaya diri, berbuat baik dan kerjasama antar rekan
kerja.
6. Kemandirian
Merupakan suatu tingkatan keadaan dimana karyawan menjalankan tugas
yang diberikan dan mampu menyelesaikan tugas yang diberikan tersebut
sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar