Subjective Norm merupakan pendapat seseorang tentang kepercayaan
orang lain yang akan mempengaruhi minat melakukan atau tidak melakukan
perilaku yang dipertimbangkan (Jogiyanto, 2007). Pendapat yang akan di terima
oleh konsumen adalah orang-orang yang dekat seperti anggota keluarga, teman,
dan rekan kerja lebih mudah mempengaruhi perilaku. Persepsi juga terbentuk
karena pengaruh beberapa sumber yang ada (Merchant, 2007).
Subjective norm didefinisikan sebagai hasil dari respon konsumen
terhadap harapan yang dirasakan dari kelompok sebayanya dan keyakinannya
bahwa ia harus mematuhi harapan tersebut (Aversano, 2005; dalam Haderi dan
Aziz 2015). Subjective norm telah ditemukan sebagai faktor yang penting dari
minat untuk menggunakan. Subjective norm mempengaruhi seseorang pada awal
pengenalan (Venkatesh & Morris, 2000). Subjective norm berpengaruh signifikan
dan positif terhadap intention to use (Schepers & Wetzels, 2007).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar