Buku teks memiliki ciri khusus yang berbeda dengan buku ilmiah pada umumnya
(Muslich, 2010: 60). Ciri-ciri khusus tersebut dapat dilihat sebagai berikut.
1. Buku teks disusun berdasarkan pesan kurikulum.
Pesan kurikulum bisa diarahkan kepada landasan dasar, pendekatan, strategi,
dan struktur program.
2. Buku teks memfokuskan ke tujuan tertentu.
Ini berarti bahwa sajian bahan yang terdapat pada buku teks haruslah diarahkan
kepada tujuan tertentu. Rumusan tujuan ini dibuat berdasarkan rumusan pembelajaran yang terdapat dalam kurikulum pendidikan yang berlaku,
terutama rumusan pembelajaran setiap kurun waktu tertentu.
3. Buku teks menyajikan bidang pelajaran tertentu.
Buku teks dikemas untuk bidang pelajaran tertentu. Oleh sebab itu, kemasan
buku teks diarahkan kepada kelas dan jenjang pendidikan tertentu.
4. Buku teks berorientasi kepada kegiatan belajar siswa.
Pada dasarnya, buku teks disusun untuk siswa bukan untuk guru. Oleh karena
itu, penyajian bahannya harus diarahkan kepada kegiatan belajar siswa.
Dengan membaca buku teks, siswa dapat melakukan serangkaian kegiatan
pembelajaran, baik dalam rangka pencapaian tujuan pemahaman, keterampilan,
maupun sikap.
5. Buku teks dapat mengarahkan kegiatan mengajar guru dalam kelas.
Sebagai sarana pelancar kegiatan pembelajaran, sajian buku teks hendaknya
bisa mengarahkan guru dalam melakukan tugas pengajaran (instruksional) di
kelas. Ini berarti langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam buku teks
bisa menyarankan guru dalam penentuan langkah-langkah pengajaran di kelas.
6. Pola sajian buku teks disesuaikan dengan perkembangan intelektual siswa.
Pola sajian dianggap sesuai dengan perkembangan intelektual siswa apabila
memenuhi kriteria berikut, yakni (1) berpijak pada pengetahuan dan
pengalaman siswa; (2) berpijak pada pola pikir siswa; (3) berpijak pada
kebutuhan siswa; (4) berpijak pada kemungkinan daya responsi siswa; dan (5)
berpijak pada kemampuan bahasa siswa.
7. Gaya sajian buku teks dapat memunculkan kreativitas siswa dalam belajar.
Agar dapat memunculkan kreativitas siswa dalam belajar, gaya sajian buku
teks hendaknya (1) dapat mendorong siswa untuk berpikir; (2) dapat
mendorong siswa untuk berbuat dan mencoba; (3) dapat mendorong siswa
untuk menilai dan bersikap; dan (4) dapat membiasakan siswa untuk mencipta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar