Kamis, 30 Januari 2020

Karakteristik Buku Teks (skripsi dan tesis)

 Buku teks memiliki ciri khusus yang berbeda dengan buku ilmiah pada umumnya (Muslich, 2010: 60). Ciri-ciri khusus tersebut dapat dilihat sebagai berikut. 
1. Buku teks disusun berdasarkan pesan kurikulum. Pesan kurikulum bisa diarahkan kepada landasan dasar, pendekatan, strategi, dan struktur program.
 2. Buku teks memfokuskan ke tujuan tertentu. Ini berarti bahwa sajian bahan yang terdapat pada buku teks haruslah diarahkan kepada tujuan tertentu. Rumusan tujuan ini dibuat berdasarkan rumusan  pembelajaran yang terdapat dalam kurikulum pendidikan yang berlaku, terutama rumusan pembelajaran setiap kurun waktu tertentu.
 3. Buku teks menyajikan bidang pelajaran tertentu. Buku teks dikemas untuk bidang pelajaran tertentu. Oleh sebab itu, kemasan buku teks diarahkan kepada kelas dan jenjang pendidikan tertentu. 
4. Buku teks berorientasi kepada kegiatan belajar siswa. Pada dasarnya, buku teks disusun untuk siswa bukan untuk guru. Oleh karena itu, penyajian bahannya harus diarahkan kepada kegiatan belajar siswa. Dengan membaca buku teks, siswa dapat melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran, baik dalam rangka pencapaian tujuan pemahaman, keterampilan, maupun sikap. 
5. Buku teks dapat mengarahkan kegiatan mengajar guru dalam kelas. Sebagai sarana pelancar kegiatan pembelajaran, sajian buku teks hendaknya bisa mengarahkan guru dalam melakukan tugas pengajaran (instruksional) di kelas. Ini berarti langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam buku teks bisa menyarankan guru dalam penentuan langkah-langkah pengajaran di kelas. 
6. Pola sajian buku teks disesuaikan dengan perkembangan intelektual siswa. Pola sajian dianggap sesuai dengan perkembangan intelektual siswa apabila memenuhi kriteria berikut, yakni (1) berpijak pada pengetahuan dan pengalaman siswa; (2) berpijak pada pola pikir siswa; (3) berpijak pada kebutuhan siswa; (4) berpijak pada kemungkinan daya responsi siswa; dan (5) berpijak pada kemampuan bahasa siswa. 
7. Gaya sajian buku teks dapat memunculkan kreativitas siswa dalam belajar. Agar dapat memunculkan kreativitas siswa dalam belajar, gaya sajian buku teks hendaknya (1) dapat mendorong siswa untuk berpikir; (2) dapat mendorong siswa untuk berbuat dan mencoba; (3) dapat mendorong siswa untuk menilai dan bersikap; dan (4) dapat membiasakan siswa untuk mencipta.

Tidak ada komentar: