Inovasi adalah teori tentang bagaimana sebuah ide dan
teknologi baru tersebar dalam sebuah kebudayaan. Inovasi sebagai
obyek juga memiliki arti sebagai suatu produk atau praktek baru yang
tersedia bagi aplikasi umumnya dalam suatu konteks komersial.
Biasanya, beragam tingkat kebaurannya dapat dibedakan bergantung
pada konteksnya. Suatu inovasi dapat bersifat baru bagi perusahaan,
baru bagi pasar, negara, dan daerah secara global. Inovasi adalah
ciptaan-ciptaan baru dalam bentuk materi atau tangible yang memiliki
nilai ekonomi yang berarti signifikan, yang umumnya dilakukan oleh
perusahaan atau kadang-kadang oleh individu.Menurut Kotler dalam jurnal Digo Bagus Mantra menyatakan: Inovasi produk adalah gabungan dari berbagai macam proses
yang mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya”
Hurley dan Hult mendefinisikan inovasi sebagai sebuah
mekanisme perusahaan untuk beradaptasi dalam lingkungan yang
dinamis, oleh karena itu perusahaan dituntut untuk mampu
menciptakan pemikiran-pemikran baru, gagasan baru, dan
menawarkan produk yang inovatif serta peningkatan pelayanan yang
memuaskan pelanggan.16
Nelly dalam jurnal Wahyono berpendapat bahwa inovasi
produk menunjukan pada pengembangan dan pengenalan produk baru
atau dikembangkan yang berhasil dipemasaran. Inovasi produk dapat
berupa perubahan desain, komponen dan arsitektur produk. Drucker,
Berthon menyatakan bahwa inovasi produk merupakan satu hal yang
potensial untuk menciptakan pemikiran dan imajinasi orang yang pada
akhirnya menciptakan pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar