Sabtu, 26 Oktober 2019

Pengertian Intellectual Capital (skripsi dan tesis)

Menurut Anshori (2010), intellectual capital merupakan kumpulan pengetahuan dan sumber daya tidak tampak (intangible) lainnya yang dimiliki perusahaan. Dalam praktek banyak sekali pengetahuan (knowledge) yang tercecer di berbagai departemen atau bagian di dalam perusahaan. Padahal jika semua knowledge tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan baik dapat meningkatkan inovasi baru sehingga dapat menghasilkan produk baru yang diinginkan oleh 39 konsumen. Dengan kata lain intellectual capital dibentuk, dimiliki serta dimanfaatkan sepenuhnya untuk menciptakan produk yang lebih bernilai bagi perusahaan. Chen et al. (2005) berpendapat bahwa : Intellectual capital is generally intangible in nature, it is becoming widely accepted as a major corporate strategy asset capable of generating sustainable competitive advantage and superior financial performance..... afirms intellectual capital, in a board sense, is comprised of human capital and structure capital. Artinya, intellectual capital secara luas diterima sebagai suatu strategi utama di beberapa perusahaan besar untuk memperoleh keunggulan bersaing dan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. 
Pendapat yang lain juga disampaikan oleh Mouritsen et al. (2005) :
 Intellectual capital requires a competency perspective as it focuses on internal growth drivers in the form of resources, capabilities, and competencies, which are expressions of the experience and collective problem solving abilities that have been historically formed and embedded in the firm. The production potentially is more important than the market. 
Menurut Mouritsen et al. (2005), intellectual capital lebih ditekankan pada sudut pandang kompetensi, yang berguna untuk meningkatkan kemampuan perusahaan da1am memecahkan masalah dalam perusahaan. Oleh karena intellectual capital berada dalam perusahaan (menyangkut internal perusahaan) dan logis jika mereka mengkaitkan dampak intellectual capital pada aspek atau fungsi produksi ketimbang pasar (aspek manusia dan sumber daya tak kelihatan lainnya, berasal dari dalam perusahaan bukan dari luar perusahaan).

Tidak ada komentar: