Observasi yang dilakukan Miller selama 14 tahun pada berbagai perusahaan di
Amerika yang dikutip dalam Sutrisno (2010;16-20), Disimpulkan setidaknya ada
delapan nilai budaya organisasi / perusahaan yaitu :
1. Asas Tujuan
Perusahaan yang paling berhasil ialah yang menetapkan tujuannya untuk
menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat bagi pelanggannya, dan yang
dapat membangkitkan semangat dan motivasi kerja para karyawannnya.
2. Asas Konsensus
Suatu perusahaan yang sukses dimasa depan ialah yang pimpinannya berhasil
membuat kearifan bersama dalam membuat keputusan yaitu keputusan
bersama yang dibuat sebaik mungkin.
3. Asas Keunggulan
Keunggulan merupakan semangat yang menguasai kehidupan dan jiwa
seseorang atau perusahaan. Keunggulan hanya dapat dicapai sebagai hasil dari
kemampuan mempelajari dan menanggapi keadaan lingkungannya dengan
cara-cara yang kreatif dan produktif.
4. Asas Kesatuan
Untuk menciptakan persatuan dan kesatuan, tidak lagi terpecah-pecah dalam
kelas secara tradisional. Waktunya para karyawan berpartisipasi dalam
manajemen dan melakukan pekerjaan yang produktif karena tuntutan dunia
perusahaan era sekarang ini.
5. Asas Prestasi
Perlaku yang dihargai akan meningkatkan prestasi, menghargai prestasi
karyawan dapat dilakukan dalam bentuk bermacam-macam sebagai bentuk
imbalan yang harus didistribusikan atas dasar prestasi. Imbalan-imbalan ini adalah bentuk biaya bagi perusahaan tetapi akan kembali dalam bentuk laba
yang disebabkan oleh prestasi yang dibeikan oleh karyawan.
6. Asas Empiri
Keberhasilan perusahaan dimasa yang akan datang dan juga saat ini tergantung
pada kemampuan untuk berfikir realistik, jelas, kritis, dan kreatif. Untuk itu
diperlukan data nyata yang perlu diketahui dan dilihat oleh para karyawan,
dapat disusun dalam bentuk statistik dan dapat dianalisis untuk keperluan
pengambilan keputusan.
7. Asas Keakraban
Keakraban adalah kemampuan berbagi rasa dengan cara yang utuh dan penuh
percaya, yang pada gilirannya akan memberikan penghargaan yang tulus dan
penuh perhatian mengenai kepentingan pribadi yang bersangkutan, keakraban
memungkinkan timbulnya kepercayaan, pengorbanan, dan loyalitas.
8. Asas Integrasi
Organisasi yang memiliki integritas dapat memperoleh kepercayaan dari pihak
lain, integritas sangat diperlukan dalam perusahaan era sekarang ini karena
integritas dapat menimbulkan kekuatan untuk menciptakan dan memobilisasi
energi luar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar