Sabtu, 26 Oktober 2019

Keterkaitan Teknologi Informasi (skripsi dan tesis)

Keterkaitan teknologi informasi didefinisikan sebagai keterkaitan penggunaan infrastruktur teknologi informasi dan proses manajemen teknologi informasi antar unit-unit bisnis secara bersama-sama yang terdiri terdiri dari 4 aspek yang saling melengkapi satu sama lain yaitu : infrastruktur teknologi informasi, proses penyusunan strategi teknologi informasi, proses manajemen sumber daya manusia teknologi informasi, proses manajemen pengelolaan pemasok teknologi informasi. (Tanriverdi, 2006). Berikut ini penjelasan mengenai masing-masing dimensi dari Keterkaitan Teknologi Informasi : 
a. Infrastruktur Teknologi Informasi Fokus pada penggunaan perangkat keras umum, perangkat lunak, dan teknologi komunikasi pada lintas unit bisnis (Tarivendi 2006). 
b. Proses Penyusunan Strategi Teknologi Informasi Dimensi ini fokus pada penggunaan dari proses managerial umum yang memungkinkan meningkatkan koordinasi strategi teknologi informasi pada lintas unit bisnis (Tanrivendi 2006). 
 c. Proses Manajemen Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi Lestari (2007), menyatakan proses manajemen sumber daya manusia teknologi informasi lebih mengarah pada kontribusi penciptannya dan berdasarkan mekanisme koordinasi perusahaan saat para ahli di bidang teknologi informasi mengerti kebutuhan secara keseluruhan dan harapan perusahaan serta pembagian nilai, tujuan, dan insentif secara bersama-sama. 
d. Proses Manajemen Pengelolaan Pemasok Teknologi Informasi Usem dan Harder (2000 dalam Lestari, 2007) menyatakan bahwafokus pada penggunaan tujuan strategis umum dan proses manajemen vendor yang mungkin meningkatkan koordinasi hubungan information technology vendor dan peningkatan keluaran negoisasi perusahaan terhadap information technology vendor

Tidak ada komentar: