Dalam penerapan knowledge management, budaya adalah hal terpenting untuk
menjadikan organisasi yang dikendalikan oleh pengetahuan, untuk sampai kesana
organisasi perlu membentuk budaya perusahaan yang fokus pada pengetahuan.
Organisasi perlu memfasilitasi proses ini sehingga pengetahuan tersebut dapat
terorganisir secara lebih baik dan nantinya bisa dimanfaatkan secara maksimal
untuk kepentingan organisasi (Dunamis, 2013; xxvii).
Budaya Organisasi memegang peran penting dalam mendukung proses
penciptaan knowledge organisasi dan keberhasilan knowledge management di
organisasi. Untuk mempromosikan berbagi pengetahuan dan menghilangkan
hambatan berbagi pengetahuan, budaya organisasi harus mendorong penemuan
dan inovasi.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Putra (2013) dengan judul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Knowledge Sharing Pada PT. Bank
Rakyat Indonesia Kanwil Makassar dengan hasil penelitian yang menyebutkan
bahwa Faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi
knowledge sharing pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kanwil Makassar.
Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui faktor mekanisme transfer ilmu,
sarana pendukung, budaya perusahaan dan motivasi yang mempengaruhi secara
signifikan intensi knowledge sharing pada karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia
Kanwil Makassar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar