Senin, 16 September 2019

Pengetahuan Produk (skripsi dan tesis)

Pengetahuan produk diperlukan sebagai dasar suksesnya suatu produk, biasanya dimulai dengan penggunaan atau keterlibatan pada suatu produk. Pengetahuan produk adalah ciri deskriptif perusahaan ingin memberi pengetahuan pada masyarakat untuk memenuhi niat pembelian. Pengetahuan produk konsumen telah dikenal sebagai karakteristik yang mempengaruhi semua tahap dalam proses pengambilan keputusan. Konsumen dengan tingkat pengetahuan yang tinggi pada suatu produk, lebih berkembang dan komplek untuk merumuskan kriteria keputusan (Marks dan Olson, 1981) dalam Bian and Moutinho (2011:196-197). Pengetahuan pelanggan sebagai faktor utama untuk pengambilan keputusan (Rao dan Monroe, 1988) dalam Shafiq et al., (2011:10578).
 Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa terdapat tiga indikator untuk mengukur pengetahuan produk pada konsumen yaitu: 
a.) Mendiskripsikan nilai produk, artinya konsumen dapat mendiskripsikan manfaat-manfaat atau nilai-nilai apa saja yang bisa produk tersebut berikan kepada konsumen. 
b.) Menganalisa produk, artinya pengetahuan tersebut, konsumen dapat menganalisa suatu produk. 
c.) Mempertimbangkan dalam menentukan keputusan pembelian, artinya sebelum membeli, konsumen benar-benar mengetahui produk tersebut sebagai pertimbangan. 

Tidak ada komentar: