Pengetahuan produk diperlukan sebagai dasar suksesnya suatu produk,
biasanya dimulai dengan penggunaan atau keterlibatan pada suatu produk.
Pengetahuan produk adalah ciri deskriptif perusahaan ingin memberi pengetahuan
pada masyarakat untuk memenuhi niat pembelian. Pengetahuan produk konsumen
telah dikenal sebagai karakteristik yang mempengaruhi semua tahap dalam proses
pengambilan keputusan. Konsumen dengan tingkat pengetahuan yang tinggi pada
suatu produk, lebih berkembang dan komplek untuk merumuskan kriteria
keputusan (Marks dan Olson, 1981) dalam Bian and Moutinho (2011:196-197).
Pengetahuan pelanggan sebagai faktor utama untuk pengambilan
keputusan (Rao dan Monroe, 1988) dalam Shafiq et al., (2011:10578).
Dalam
penelitian ini dijelaskan bahwa terdapat tiga indikator untuk mengukur
pengetahuan produk pada konsumen yaitu:
a.) Mendiskripsikan nilai produk,
artinya konsumen dapat mendiskripsikan manfaat-manfaat atau nilai-nilai apa saja
yang bisa produk tersebut berikan kepada konsumen.
b.) Menganalisa produk,
artinya pengetahuan tersebut, konsumen dapat menganalisa suatu produk.
c.)
Mempertimbangkan dalam menentukan keputusan pembelian, artinya sebelum
membeli, konsumen benar-benar mengetahui produk tersebut sebagai
pertimbangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar