Rabu, 11 September 2019

Manfaat Metode Mind Mapping (skripsi dan tesis)

Menurut Buzan (2010:5) mengungkapkan bahwa Mind mapping merupakan cara mencatat yang kreatif, efektif, dan memetakan pikiran-pikiran kita, secara menarik, mudah dan berdaya guna, bagi anak-anak, disarankan sebaiknya menerapkan metode Mind mapping ini sejak dini. Karena ternyata metode ini ampuh diterapkan pada anak mulai usia 4 tahun. Anak-anak bisa diajarkan metode Mind mapping di usia 4 tahun, atau umur berapa saja bagi anak-anak yang sudah bisa mengenal objek. Selain memaksimalkan kinerja otak kanan dan kiri siswa untuk memahami sebuah konsep atau materi, penggunaan media pembelajaran juga sangat penting untuk membantu siswa mempelajari objek, suara, proses, peristiwa atau lingkungan yang sulit dihadirkan didalam kelas.
Alamsyah (2009) menyebutkan beberapa manfaat dari penggunaan metode mind mapping, antara lain:
a.    Dapat melihat gambaran secara menyeluruh dengan jelas
b.    Dapat melihat detail tanpa kehilangan benang merahnya antar topik
c.    Terdapat pengelompokkan informasi
d.   Menarik perhatian mata dan tidak membosankan
e.    Memudahkan berkonsentrasi
f.     Proses pembuatannya menyenangkan karena melibatkan warna, gambar-gambar dan lain-lain
g.    Mudah mengingatnya karena ada penanda-penanda visualnya
Windura (2008) menambahkan khusus dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, kegunaan dan aplikasi mind map sangat banyak, antara lain untuk meringkas, mengkaji ulang (review), mencatat, mengajar, bedah buku, presentasi, penelitian dan manajemen waktu (time management).

Tidak ada komentar: