Merek memegang peranan sangat penting, yaitu sebagai perantara
yang menjembatani harapan konsumen pada saat produsen
menjanjikan suatu kelebihan dari produknya kepada konsumen. Merek
dalam dunia perdagangan sangat penting, karena merek bermanfaat bagi pembeli, perantara, produsen maupun publik lain. Menurut Keller
dalam Tjiptono (2005) merek bermanfaat bagi produsen dan
konsumen.
Bagi produsen merek bermanfaat sebagai:
1. Sarana identifikasi untuk memudahkan proses penanganan atau
pelacakan produk bagi perusahaan, terutama dalam
pengorganisasian sediaan dan pencatatan akuntansi.
2. Bentuk prodeksi hukum terhadap fitur atau aspek produk yang
unik. Merek bisa mendapatkan perlindungan propekti intelektual.
Nama merek bisa diproteksi melalui merek dagang terdaftar
(registered trandernarks), proses pemanufakturan bisa dilindungi
melalui hak paten, dan kemasan bisa diproteksi melalui hak cipta
(copyrights) dan desain
.
3. Signal tingkat kualitas bagi para pelanggan yang puas, sehingga
mereka bisa dengan mudah memilih dan membelinya lagi di lain
waktu.
4. Sarana menciptakan asosiasi dan makna unik yang membedakan
produk dari para pesaing.
5. Sumber keunggulan kompetitif, terutama melalui perlindungan
hukum, loyalitas pelanggan, dan citra unik yang terbentuk dalam
benak konsumen.
6. Sumber financial return (pengembalian modal), terutama
menyangkut pendapatan masa datang.
Bagi konsumen merek bermanfaat sebagai:
1. Identifikasi sumber produk
2. Penetapan tanggung jawab pada pemanufakturan atau distributor
tertentu
3. Pengurang resiko
4. Penekanan biaya pencarian (search cost) internal dan eksternal
5. Janji atau ikatan khusus dengan produsen
6. Alat simbolis yang memproyeksikan citra diri
7. Signal kualitas
Merek sebagai value indicator (indikator nilai), menurut Hermawan
Kartajaya (2005) memberikan keamanan dan garansi kepada
pelanggan dalam menetapkan pilihan pembelian. Selain itu, merek juga memberikan value (nilai) keperusahaan atau produsen sebagai
berikut:
1. Premium price dan margin keuntungan yang lebih tinggi
2. merek yang kuat akan memberikan peluang bagi produsen untuk
melakukan perluasan merek dan mengeksploitasi pasar lebih
dalam
3. merek dapat menjadi basis terbentuknya loyalitas bahkan
fanatisme pelanggan
4. merek menjadi komponen keunggulan bersaing yang sangat kuat,
sulit ditiru oleh pesaing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar