Senin, 16 September 2019

Manfaat Merek (skripsi dan tesis)

Merek memegang peranan sangat penting, yaitu sebagai perantara yang menjembatani harapan konsumen pada saat produsen menjanjikan suatu kelebihan dari produknya kepada konsumen. Merek dalam dunia perdagangan sangat penting, karena merek bermanfaat bagi pembeli, perantara, produsen maupun publik lain. Menurut Keller dalam Tjiptono (2005) merek bermanfaat bagi produsen dan konsumen. Bagi produsen merek bermanfaat sebagai: 
1. Sarana identifikasi untuk memudahkan proses penanganan atau pelacakan produk bagi perusahaan, terutama dalam pengorganisasian sediaan dan pencatatan akuntansi. 
2. Bentuk prodeksi hukum terhadap fitur atau aspek produk yang unik. Merek bisa mendapatkan perlindungan propekti intelektual. Nama merek bisa diproteksi melalui merek dagang terdaftar (registered trandernarks), proses pemanufakturan bisa dilindungi melalui hak paten, dan kemasan bisa diproteksi melalui hak cipta (copyrights) dan desain
. 3. Signal tingkat kualitas bagi para pelanggan yang puas, sehingga mereka bisa dengan mudah memilih dan membelinya lagi di lain waktu.
 4. Sarana menciptakan asosiasi dan makna unik yang membedakan produk dari para pesaing. 
5. Sumber keunggulan kompetitif, terutama melalui perlindungan hukum, loyalitas pelanggan, dan citra unik yang terbentuk dalam benak konsumen. 
6. Sumber financial return (pengembalian modal), terutama menyangkut pendapatan masa datang. Bagi konsumen merek bermanfaat sebagai: 
1. Identifikasi sumber produk
 2. Penetapan tanggung jawab pada pemanufakturan atau distributor tertentu 
3. Pengurang resiko
 4. Penekanan biaya pencarian (search cost) internal dan eksternal 
5. Janji atau ikatan khusus dengan produsen
 6. Alat simbolis yang memproyeksikan citra diri 
7. Signal kualitas
 Merek sebagai value indicator (indikator nilai), menurut Hermawan Kartajaya (2005) memberikan keamanan dan garansi kepada pelanggan dalam menetapkan pilihan pembelian. Selain itu, merek  juga memberikan value (nilai) keperusahaan atau produsen sebagai berikut: 
1. Premium price dan margin keuntungan yang lebih tinggi
 2. merek yang kuat akan memberikan peluang bagi produsen untuk melakukan perluasan merek dan mengeksploitasi pasar lebih dalam
 3. merek dapat menjadi basis terbentuknya loyalitas bahkan fanatisme pelanggan 
4. merek menjadi komponen keunggulan bersaing yang sangat kuat, sulit ditiru oleh pesaing. 

Tidak ada komentar: