Rabu, 11 September 2019

Langkah-Langkah Menggunakan Mind Mapping (skripsi dan tesis)


Buzan (2009) menjelaskan untuk membuat mind map, bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:
1) Kertas, minimal berukuran A4
2) Pensil warna atau sepidol
3) Imajinasi.
4) Otak kita sendiri
Alamsyah (2009) menjelaskan setiap peta pikiran (mind map) mempunyai elemen-elemen sebagai berikut:
a.    Pusat peta pikiran atau central topic, merupakan ide atau gagasan utama.
b.    Cabang utama atau basic ordering ideas (BOI), cabang tingkat pertama yang langsung memancar dari pusat peta pikiran.
c.    Cabang, merupakan pancaran dari cabang utama, dapat dituliskan ke segala arah.
d.   Kata, menggunakan kata kunci saja.
e.    Gambar, dapat menggunakan gambar-gambar yang disukainya.
f.     Warna, gunakan warna-warni yang menarik dalam peta pikiran.
Langkah-langkah membuat mind map (Windura, 2008):
a.    Mulai dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan vertikal atau horizontal
b.    Menentukan central topic yang akan dibuat dengan metode mind mapping, central topic biasanya adalah judul buku atau judul bab yang dipelajari dan harus diletakkan di tengah kertas serta diusahakan berbentuk gambar.
c.    Membuat basic ordering ideas (BOI) untuk central topic yang telah dipilih, gunakan warna yang berbeda pada masing-masing garis BOI. BOI biasanya adalah judul bab atau sub bab dari buku yang akan dipelajari atau bisa juga dengan menggunakan 5WH (what, where, why, who, when, dan how). Buzan (2009) menjelasakan garis BOI dibuat lebih tebal dibandingkan dengan garis cabang-cabang selanjutnya setelah cabang utama (BOI) dan seluruh garis cabang utama (BOI) harus tersambung ke pusat/central topic .
d.   Melengkapi setiap BOI dengan cabang-cabang yang berisi data-data pendukung yang terkait garis cabang kedua, ketiga, dan selanjutnya lebih tipis dibandingkan garis cabang utama (BOI) dan warna garis cabang kedua, ketiga, dan selanjutnya tersebut mengikuti warna BOI nya masing-masing
e.    Melengkapi setiap cabang dengan gambar, simbol, kode, daftar, grafik agar lebih menarik, lebih mudah untuk diingat dan dipahami, jika perlu lengkapi dengan garis penghubung bila ada BOI yang saling terkait satu dengan lainnya serta tuliskan kata kuncinya saja untuk setiap garis.

Tidak ada komentar: