Sabtu, 03 Agustus 2019

Pendapatan Usaha Tani (skripsi dan tesis)

Pendapatan merupakan selisih antara penerimaan total dengan biaya yang dikeluarkan. Secara umum dapat dituliskan sebagai berikut :
NR = TR – TC
TR = Py . Y
TC = Px . X
Dimana : NR   = Pendapatan Bersih (Net Revenue )
TR   = Penerimaan Total (Total Revenue)
TC   = Biaya Total (Total Cost )
Y     = Output
X     = Input
Py    = Harga Output
Px    = Harga Input
Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa bagaimana pendapatan, penerimaan, maupun biaya dan hasil dalam usaha tani cabai merah. Usaha tani dapat  dikatakan berhasil jika usaha tani tersebut memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
  1. Usaha tani harus dapat menghasilkan cukup pendapatan untuk membayar biaya semua alat-alat yang diperlukan.
  2. Usaha tani harus dapat menghasilkan pendapatan yang dapat dipergunakan untuk membayar bunga modal yang digunakan dalam usaha tani, baik modal milik sendiri, maupun modal yang dipinjam dari pihak lain.
  3. Usaha tani harus dapat membayar upah tenaga petani dengan keluarganya yang digunakan dalam usaha taninya secara layak.
  4. Usaha tani yang bersangkutan harus paling sedikit berada dalam keadaan semula. Jadi harus dapat memelihara diri sendiri.
  5. Usaha tani harus dapat pula membayar tenaga petani sebagai tenaga manager yang harus mengambil keputusan mengenai apa yang harus dijalankan, bilamana, bagaimana, dan dimana (Soedarsono, 1982).

Tidak ada komentar: