Rabu, 28 Agustus 2019

Aspek-aspek dukungan sosial (skripsi dan tesis)

 Di dalam kehidupan sehari-hari dan dalam setiap aspek kehidupan, dukungan sosial sangat diperlukan. Dukungan sosial memiliki beberapa komponen diantaranya dijelaskan oleh Sarafino (2010) antara lain :
a. Dukungan emosional.
 Dukungan ini melibatkan ekspresi rasa empati dan perhatian terhadap individu. Biasanya, dukungan ini diperoleh dari teman, pasangan atau keluaga, seperti memberikan pengertian terhadap masalah yang dihadapi atau mendengarkan keluhannya. Adanya dukungan ini akan memberikan rasa nyaman, keastian, perasaan memiliki dan dicintai kepada individu.
b. Dukungan penghargaan.
Dukungan ini melibatkan ekspresi yang berupa pernyataan setuju dan penilaian positif terhadap ide-ide, perasaan dan performa orang lain. Biasanya dukungan ini diberikan oleh atasan atau rekan kerja. Dukungan jenis ini akan membangun perasaan berharga, kompeten dan bernilai.
a. Dukungan instrumental atau konkrit
Bentuk dukungan ini melibatkan bantuan langsung, misalnya yang berupa bantuan finansial atau bantuan dalam mengerjakan tugas-tugas tertentu yang sering diberikan oleh teman atau rekan kerja, seperti bantuan untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk atau meminjamkan uang dan lainnya yang dibutuhkan individu.
 b. Dukungan jaringan sosial
 Dukungan yang berasal dari jaringan ini merupakan bentuk dukungan dengan memberikan rasa kebersamaan dalam kelompok serta berbagi dalam hal minat dan aktivitas sosial. Adanya dukungan ini akan membantu individu untuk mengurangi stres yang dialami. Hal tersebut juga akan membantu individu untuk mengalihkan perhatiannya dari kekhawatiran terhadap masalah yang dihadapinya atau meningkatkan suasana hati yang positif.
c. Dukungan informasi.
Dukungan yang bersifat informasi ini dapat berupa nasehat, saran, pengarahan dan umpan balik tentang bagaimana cara memecahkan persoalan. Dukungan ini biasanya diperoleh dari sahabat, rekan kerja, atasan atau seorang profesional seerti dokter atau psikolog.
Menurut Smet (1994) terdapat empat jenis atau aspek dukungan sosial, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Dukungan emosional yaitu mencangkup ungkapan empati, keperdulian dan perhatian terhada orang yang bersangkutan
 b. Dukungan penghargaan yaitu terjadi lewat ungkapan hormat (penghargaan) positif untuk orang itu, dorongan maju atau persetujuan dengan gagasan atas perasaan individu. Dan perbandingan positif orang itu dengan orang lain, misalnya orang-orang yang kurang mampu atau lebih buruk keadaannya (menambah harga diri).
c. Dukungan instrumental mencakup bantuan langsung, seperti memberikan pinjaman uang atau menolong dengan pekerjaan pada waktu mengalami stres.
d. Dukungan informatif mencangkup pemberian nasehat, petunjuk-petunjuk, saransaran atau umpan balik.

Tidak ada komentar: