Selasa, 30 Juli 2019

Utang (skripsi dan tesis)


Utang adalah kewajiban (liabilites) yang dimiliki perusahaan bersumber dari dana eksternal, baik yang bersumber dari perbankan, leasing, penjualan obligasi dan sejenisnya (Fahmi, 2014: 153). Anggaran utang adalah anggaran untuk memperoleh dan membayar utang. Utang kebalikan dari piutang merupakan kewajiban debitur (peminjam) untuk melaksanakan sesuatu kepada kreditur (pemberi pinjaman) selama jangka waktu tertentu (Nafarin, 2007: 342).
Secara umum liabilites (utang) menurut Rahardjo (2009: 26) terbagi menjadi tiga, yaitu:
1. Current liabilities atau short-term liabilites atau current debt (utang jangka pendek/utang lancar) adalah utang yang berjangka waktu paling lama satu tahun seperti utang usaha, beban terutang, wesel bayar, kredit modal kerja dan lain-lain.
2. Non current liabilites atau long-term liabilities atau long-term debt atau non current debt (utang jangka panjang) adalah utang yang berjangka waktu lebih dari satu tahun seperti: utang obligasi, utang hipotek, kredit investasi dan lain-lain.
3. Kewajiban lain-lain atau utang lain-lain merupakan kewajiban yang tidak termasuk dalam utang jangka pendek maupun panjang. Seperti, pendapatan yang ditangguhkan, uang jaminan jangka panjang yang diterima dari pelanggan.
Anggaran utang berguna untuk kemajuan perusahaan. Utang dapat dikelola dengan baik caranya antara lain dengan membuat anggaran utang.
Anggaran utang tersebut dapat meningkatkan laba dan rentabilitas, pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan, dan alat pengawas dalam hal pembayarn utang (Nafarin M, 2007: 342)

Tidak ada komentar: