Selasa, 30 Juli 2019

Struktur Aktiva (skripsi dan tesis)


Pada penelitian ini variabel independen yang bukan termasuk rasio keuangan adalah struktur aktiva. Struktur aktiva merupakan komposisi aktiva perusahaan yang menunjukkan seberapa besar aset perusahaan dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman (Brigham dan Huston, 2014: 188).
Struktur aktiva mempunyai pengaruh terhadap struktur modal yaitu perusahaan yang sebagian besar dari aktivanya terdiri atas aktiva lancar akan mengutamakan kebutuhan dananya dengan utang. Sedangkan, apabila struktur aktiva tetapnya tinggi maka penggunaan modal sendiri akan semakin tinggi yang berarti penggunaan modal asing atau struktur modalnya makin rendah (Prabansri dan Kesuma, 2005: 5).
Aktiva tetap menurut Rahardjo (2009: 21) merupakan aset yang berhubungan dengan hak milik, bangunan, dan peralatan perusahaan. Sebagaimana PSAK (Pernyataan Standar Akutansi Keuangan) No.16, Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibangun lebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan, tidak
dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun.

Tidak ada komentar: