Selasa, 30 Juli 2019

Risiko Bisnis (Business Risk) (skripsi dan tesis)


Menurut Yuliana, (2010: 107) risiko bisnis merupakan risiko yang timbul akibat menurunnya profitabilitas perusahaan emiten. Risiko bisnis/risiko usaha merupakan faktor penentu struktur modal yang paling penting, tingkat risiko inheren dalam operasi perusahaan jika tidak menggunakan utang. Risiko usaha, mengandung tingkat risiko aset perusahaan bila tidak menggunakan utang (Brigham dan Huston, 2011: 157).
Para manajer perlu mempertimbangkan perkembangan dalam inovasi keuangan untuk menilai risiko bawaan (inherent risk) pada struktur modal perusahaan. Suatu perusahaan dapat meningkatkan risiko (dan potensi pengembalian) pemegang saham dengan meningkatkan utang (Wild, et.,all. 2004: 236-237).
Risiko bisnis perusahaan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan, kemampuan perusahaan untuk membayar utang, dan minat pemodal untuk menanamkan dana pada perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk memperoleh dana dalam menjalankan kegiatan operasionalnya (Fahmi, 2014: 449).
Risiko bisnis pada penelitian ini diproksi dengan financial laverage yaitu DOL (Degree of Operating Laverage). DOL merupakan presentase perubahan laba sebelum bunga dan pajak sebagai akibat presentase perubahan
penjualan (Sartono, 2010: 260). Sedangkan menurut Keown, et.,all. (2005: 116) kemampuan EBIT perusahaan dalam merespon fluktuasi penjualan.
Sartono, (2010: 120) menyatakan bahwa financial leverage menunjukkan proporsi atas penggunaan utang untuk membiayai investasinya. Perusahaan yang tidak mempunyai laverage berarti menggunakan modal sendiri 100 %. Penggunaan utang bagi perusahaan mengandung tiga dimensi:
a. Pemberi kredit akan menitik beratkan pada besarnya jaminan atas kredit yang diberikan.
b. Dengan menggunakan utang maka apabila perusahaan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari beban tetapnya, maka pemilik perusahaan keuntungannnya akan meningkat.
c. Dengan menggunakan utang maka pemilik memperoleh dana dan tidak kehilangan pengendalian perusahaan.

Tidak ada komentar: