Sabtu, 20 Juli 2019

Pengertian pola asuh orang tua (skripsi dan tesis)

Keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal anak dalam kehidupannya. Orang tua berperan besar dalam mengajar, mendidik serta memberi contoh atau teladan kepada anak-anaknya mengenai tingkah laku yang baik dan yang tidak baik atau perlu dihindari (Gunarsa, 2003). Peranan orang tua terhadap perkembangan kehidupan remaja tidak pernah lepas dengan adanya pola asuh orang tua. Dalam hal ini pola asuh menjadi unsur yang penting dalam perkembangan kehidupan remaja.
Menurut Lolytaerti (2004), pola asuh orang tua adalah pola perilaku yang digunakan orang tua untuk berhubungan dengan anak-anaknya. Pola interaksi inilah yang menurut Muryati meliputi cara pandang pengasuhan terhadap anak, cara berkomunikasi, penerapan disiplin dan kontrol serta cara pemenuhan kebutuhan anak sehari-hari (Jurnal Psikologika No. 4, 1997). Bentuk interaksi tidak hanya dalam aspek social interaction tetapi juga dalam hal moral interaction sehingga memungkinkan anak belajar mengenai moral judgement mengenai hal-hal yang bersifat abstrak dan simbol (Indati dan Ekowarni dalam Jurnal Psikodinamik Vol. 8, 2006).
Hurlock (1973) menyatakan pola asuh orang tua atau pola pemeliharaan orang tua mencakup cara pemenuhan kebutuhan, cara penerapan disiplin atau aturan dan cara komunikasi. Hal ini diperkuat juga dengan pernyataan Diana Baumrind (1966) berdasarkan hasil observasinya terhadap orang tua dan anak. Menurut Baumrind ada beberapa dasar pengasuhan orang tua yang meliputi kemauan untuk melaksanakan kontrol atau aturan, harapan akan kematangan perilaku, komunikasi dengan anak dan pemenuhan kebutuhan.
Dasar-dasar pengasuhan tersebut kemudian diintegrasikan oleh Baumrind (1966) ke dalam dua dimensi pengasuhan orang tua. Pertama, Parental Responsiveness yakni derajat respon orang tua terhadap kebutuhan anak dalam penerimaan dan pemenuhan kebutuhan. Kedua, Parental Demandingness yakni derajat harapan orang tua dan permintaan kematangan perilaku yang bertanggung jawab dari anak.

Tidak ada komentar: