Minggu, 21 Juli 2019

Pengertian Kapasitas Produksi (skripsi dan tesis)


Untuk mendapatkan gambaran mengenai kapasitas produksi, berikut ini akan dikemukakan definisi mengenai kapasitas produksi. Menurut Zulian Yamit (2003:67) “Kapasitas produksi dapat diartikan sebagai jumlah maksimum output yang dapat diproduksi dalam satuan waktu tertentu”.
Kapasitas produksi ditentukan oleh kapasitas sumber daya yang dimiliki seperti: kapasitas mesin, kapasitas tenaga kerja, kapasitas bahan baku, dan kapasitas modal. Kapasitas produksi sangat erat kaitannya dengan skedul produksi yang tertera dalam jadwal produksi ( master production schedule ),  Karena jadwal produksi induk mencerminkan apa dan berapa yang harus diproduksi dalam waktu tertentu. (Zulian Yamit, 2003: 67)
  1. Kapasitas Produksi Optimum
Menurut Zulian Yamit (2003: 67)  Kapasitas Produksi Optimum yakni jumlah dan jenis yang menghasilkan keuntungan maksimum atau biaya minimum. Untuk menentukan kapasitas produksi optimum, terdapat berbagai macam factor yang harus diperhatikan yaitu faktor-faktor produksi seperti :
  • Kapasitas Bahan Baku
Kapasitas Bahan Baku adalah jumlah bahan baku yang mampu disediakan dalam waktu tertentu. Jumlah ini dapat diatur dari kemampuan para supplier untuk memasok mamupun menyediaan dari sumber bahan baku.
  • Kapasitas Jam Kerja Mesin
Kapasitas jam kerja mesin adalah jumlah jam kerja normal mesin  yang mampu disediakan untuk melaksanakan kegiatan produksi.
  • Kapasitas Jam Tenaga Kerja
Kapasitas jam kerja tenaga kerja adalah jumlah jam tenaga kerja dan jam kerja normal yang mampu disediakan perusahaan
  • Modal Kerja
Modak kerja adalah kemampuan penyediaan dana untuk melaksanakan proses produksi

Tidak ada komentar: