Selasa, 30 Juli 2019

Pengaruh Liquiditas Terhadap DER (skripsi dan tesis)


Kasmir, (2014: 130) memaparkan bahwa likuiditas digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam membiayai dan memenuhi kewajiban (utang) pada saat ditagih. Semakin tinggi likuiditas perusahaan maka semakin tinggi struktur modal. Hal ini berarti, semakin tinggi kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajiban-kewajiban jangka pendeknya yang menunjukkan perusahaan dalam keadaan sehat. Sehingga, akan mempermudah perusahaan dalam memperoleh kewajiban jangka panjang yang berasal dari pihak luar perusahaan (Seftianee:2011, 52).
Perusahaan yang memiliki likuiditas yang tinggi berarti perusahaan memiliki internal financing yang cukup digunakan untuk membayar kewajibannya sehingga struktur modal juga berkurang. Dengan itu, semakin tinggi likuiditas suatu perusahaan akan semakin besar kemampuan perusahaan tersebut untuk membayar kewajibannya
Namun, perusahaan yang sedang berkembang umumnya memerlukan dana yang besar. Apabila dana internal tidak mencukupi kebutuhan perusahaan, maka perusahaan memilih utang sebagai sumber pendanaan eksternalnya (Primantara dan Dewi, 2016: 2717).
Terkait dengan pengaruh liquiditas terhadap DER hasil penelitian dari Najjar dan Petrov (2011), Ticoalu (2013) serta Juliantika dan dewi (2016) menunjukkan bahwa liquiditas berpengaruh signifikan terhadap DER.

Tidak ada komentar: