Kamis, 23 Mei 2019

Koreksi Terhadap Efek Spurios Overlap (skripsi dan tesis)


            Apabila koefisien korelasi aitem total itu dihitung pada suatu skala yang berisi hanya sedikit aitem maka sangat mungkin akan diperol;eh koefisien korelasi aitem-total yang overestimated (lebih tinggi daripada sebenarnya) dikarenakan adanya overlap antara skor aitem dengan skor skala (Guilford,1965). Overestimasi ini dapat terjadi dikarenakan pengaruh kontribusi skor masing-masing aitem dalam ikut menentukan besarnya skor skala.
Sebagai contoh misalnya dalam sebuah skala skor di dapatkan dari penjumlahan skor-skor yang terdapat pada aitem-aitemnya, oleh karena itu dengan sendirinya skor setiap aitem menjadi bagian atau porsi dari skor skala tersebut. Porsi ini akan semakin besar apabila jumlah aitem dalam skala semakin sedikit. Dengan begitu, sewaktu kita menghitung koefisien korelasi suatu aitem dengan skor skala, sesungguhnya kita menghitung korelasi antara skor aitem yang bersangkutan. Dengan kata lain, kita menghitung korelasi skor dengan bagian dari dirinya sendiri dan hal ini tentu saja menyebabkan koefisien korelasinya cenderung menjadi lebih tinggi daripada kalau korelasi tersebut dihitung antara skor aitem dengan skor skala yang tidak mengandung aitem yang bersangkutan.
Semakin sedikit aitem yang ada dalam skala akan semakin besar overlap yang terjadi. Sebaliknya, semakin banyak jumlah aitem dalam skala maka akibat yang ditimbulkan oleh spurious overlap semakin kecil dan tidak signifikan. Sebagai pegangan kasar, bila jumlah aitem dalam skala lebih dari 30 buah maka umumnya efek spurious overlap tidak begitu besar dan karenanya dapat di abaikan, sedangkan apabila jumlah aitem dalam skala kurang dari 30 buah maka pengaruhnya menjadi substansial sehingga perlu diperhitungtkan.
Untuk korelasi aitem total yang dihitung dengan formula product moment Spearmen, formula koreksi terhadap efek spurious overlap adalah :
Ri(x-i) =                      rixs– si

                √[Sx2 + Si– 2rixSiSx ]
Ri(x-i)  = koefisien korelasi aitem total setelah dikoreksi dari efek spurious overlap
rix            = Koefisien korelasi aitem total sebelum dikoreksi
si             = deviasi standar skor aitem yang bersangkutan
sx         = Deviasi skor standar skala

Tidak ada komentar: