Kamis, 23 Mei 2019

Atribut Tunggal vs Atribut Komposit Skala Pengukuran (skripsi dan tesis)


            Sekalipun suatu skala psikologi bertujuan untuk mengukur variable yang konstraknya merupakan atribut tunggal, namun dalam perancangannya atribut tersebut seringkali perlu di uraikan menjadi beberapa dimensi atau komponen guna memperluas cakupan afektifnya dan memperjelas operasionalisasinya.
Pada skala yang dibuat untuk mengukur atribut tunggal seperti itu interkorelasi antar komponen atau dimensinya di harapkan tinggi karena memang komponen-komponen tersebut dirancang untuk mengukur hal yang sama. Dalam seleksi aitem aitemnya pun kita memilih daya beda aitem tertinggi yang ada dengan membandingkan indeksnya secara keseluruhan, bukan perkomponen. Adanya komponen yang ternyata berisi aitem aitem yang berkoefisien korelasi rix rendah menunjukkan antara lain bahwa komponen yang bersangkutan memang tidak relevan dengan tujuan pengukuran dan dapat dihapuskan. Lebih lanjut, untuk pengujian reliabilitasnya cukup dilakukan satu pengujian saja bagi seluruh aitem yang terpilih sehingga yanga ada adalah koefisien reliabilitas skala bukan koefisien-koefisien reliabilitas komponen.
Di sisi lain, ada skala psikologi yang dirancang untuk mengukur satu atribut namun atribut tersebut dikonsepkan sebagai terdiri atas beberapa aspek atau dimensi yang mengungkap subdomain yang berbeda satu sama lain. Skor-skor dari setiap aspek tersebut akan dijadikan satu skor komposit yang mengindikasikan ada tidaknya atribut semula sebagai tujuan ukurnya. Misalnya WAIS, WAIS bertujuan untuk mengukur IQ. IQ sendiri disimpulkan dari intelegensi yang konsepsinya terdiri atas 11 aspek kecakapan yang berbeda beda. Tidak satupun di antara aspek kecakapan yanga da dalam WAIS itu yang dinamai intelegensi. Setelah skor dari setiap aspek diperoleh dan dikompositkan sedemikian rupa, barulah skor akhir tersebut dinamai IQ yang mencerminkan intelegensi sebagaimana tujuan ukur semula.
Daslam hal pengukuran atribut komposit seperti ini, kita mengharapkan agar interkorelasi antaraspek atau anatardimensi itu rendah karena hal itu berarti bahwa setiap aspek memiliki fungsi ukur yang unik dan tidak ada tumpang tindih. Dari segi pemilihan aitemnya, kita harus melakukan analisis aitem bagi setiap aspek ( menghitung korelasi aitem dengta skor aspek, bukan denga skor skala), dengan membandingkan indeks daya deskrimminasinya dalam aspek masing-masing, bukan secara keseluruhan. Begitu juga dalam emnguji reliabilitasnya, lebih dahulu dilakukan komputasi koefisien reliabilitas bagi masing masing aspek, baru kemudian dihitung reliabilitas secara keseluruhan yang dikenal dengan nama reliabilitas skor komposit ( Mosier, 1943 dalam Azwar , 1997) .
Sebagaimana telah dijelaskan , seleksi aitem dengan menggunakan komputasi korelasi antara skor aitem dan skor total skala menghasilkan indeks daya diskriminasi aitem atau dikenal juga dengan indeks konsistensi aitem total. Peril di ingatkan bahwa indeks daya diskriminasi ini tidak sama dengan koefisien validitas aitem. Daya deskriminasi aitem dan validitas aitem merupakan dua hal berbeda dan pengertiannya tidak untuk dicampuradukkan. Indeks diskriminasi aitem semata-mata menunjukkan sejauh mana aitem yang bersangkutan berfungsi aseperti skala. Indeks daya diskriminasi aitem yangrendah berarti bahwa fungsi aitem yang bersangkutan tidak selaras dengan tujuan ukur skala.
Suatu skala yang seluruhnya berisi aitem dengan indeks diskriminasi tinggi berarti bahwa skala itu merupakan kumpulan aitem yang memiliki tujuan dan fungsi yang sama, tapi hal itu belum menunjukkan fungsi apa yang sebenarnya dimilikinya. Artinya suatu skala yang daya diskriminasi aitem-aitemnya tinggi, belum tentu valid untuk tujuan ukur yang direncanakan. Daya diskriminasi aitem tidak memiliki hubungan langsung dengan validitas skala. Dengan demikian, diharapkan para penyusun skala dan para peneliti yang menggunakan skala akan dapat melakukan evaluasi kualitas aitem dan kualitas skalanya dengan cara yang tepat dan menempatkan prosedur seleksi aitem pada proporsi yang selayaknya.

Tidak ada komentar: