Senin, 29 April 2019

Pengertian Perilaku Konsumen (Consumer Behavior) (skripsi dan tesis)Pengertian Perilaku Konsumen (Consumer Behavior) (skripsi dan tesis)


Konsumen berkaitan erat dengan pasar, dimana perilaku dari setiap
konsumen tersebut berbeda-beda, oleh sebab itu pemasar harus dapat memahami perilaku konsumen (consumer behavior) agar strategi pemasaran yang akan dijalankan dapat berjalan dengan efektif.
Pemasar harus memahami bagaimana konsumen mentransformasikan
rangsangan pemasaran dan lain-lainnya kedalam tanggapan-tanggapan pembeli. Perilaku pembelian seseorang adalah hal saling berpengaruh
mempengaruhi dari semua faktor-faktor kultural, sosial, pribadi, dan psikologi
yang kompleks. Banyak dari faktor-faktor tersebut tidak dapat dikendalikan oleh pemasar, akan tetapi faktor-fator itu berguna untuk mengidetifikasikan dan memahami konsumen tertentu yang para pemasar berupaya untuk mempengaruhi.
Selanjutnya dapat dijelaskan bahwa perilaku konsumen terdiri dari dua
bagian. Pertama, perilaku yang tampak. Menurut Umar, variabel-variabel yang
termasuk dalam perilaku ini adalah jumlah pembelian, waktu, karena siapa,
dengan siapa, dan bagaimana konsumen melakukan pembelian. Kedua, perilaku yang tak tampak. Variabel-variabelnya antara lain adalah persepsi, ingatan terhadap informasi, dan perasaan kepemilikan konsumen (Frida, 2004). Sedangkan pengertian keinginan konsumen adalah hasrat konsumen
terhadap sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya. Keinginan ini dipengaruhi oleh latar belakang budaya dan karakteristik individu seseorang (Simamora, 2004: 3 )

Tidak ada komentar: