Jumat, 29 Maret 2019

Pembelajaran Inetgritas Akademik di Perguruan Tinggi (skripsi dan tesis)


UU No. 12 Tahun 2012 Pasal 1, menyatakan bahwa pendidikan tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor dan program profesi serta program spesialis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia (Republik Indonesia, 2012). Lebih lanjut pasal 1 ayat 6 juga menyebutkan bahwa perguruan tinggi merupakan satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi. Sedangkan dalam ayat 15 disebutkan bahwa mahasiswa adalah peserta didik pada jenjang pendidikan tinggi (Republik Indonesia, 2012). Dalam pasal 1 ayat 12 tertulis bahwa pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (Republik Indonesia, 2012).
Menurut Purnamasari (2013), salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kecurangan akademik adalah mengubah perilaku dan persepsi mahasiswa. Melalui penerapan pendidikan karakter dalam kegiatan perkuliahan, diharapkan pada diri mahasiswa tertanam enam nilai karakter, meliputi perilaku taat beribadah, sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan kerja sama (Mutaqin, 2014). Integritas akademik secara luas dipandang dengan cara yang berbeda di kalangan mahasiswa kedokteran. Kebijakan dan intervensi yang efektif dari fakultas diperlukan untuk mengendalikan perilaku curang ini di masa depan dokter untuk mengoptimalkan praktek medis (Hejri et al., 2013).
1)   Kecurangan
Kecurangan berarti menyalin dari siswa lain selama ujian, salah satu bentuk pelanggaran yang telah menjadi salah satu perhatian terbesar dari lembaga pendidikan (Wilkinson, 2009). Kecurangan melibatkan kepemilikan, komunikasi atau penggunaan informasi, bahan, catatan, alat bantu belajar atau perangkat lain tidak diizinkan oleh instruktur dalam latihan akademis, atau komunikasi dengan orang lain selama latihan seperti itu. Banyak siswa menyontek hanya untuk menerima passing grade dan terkesan orang tua dan guru mereka. kecurangan akademik disebabkan oleh berbagai alasan; tekanan orang tua, tekanan guru dan manajemen waktu yang buruk.
Banyak siswa dapat menipu untuk mengesankan orang tua mereka, berharap bahwa membawa pulang nilai yang baik dapat menyebabkan mereka menerima beberapa pujian yang baik dan manfaat. Tekanan guru akan menghasilkan kebutuhan bagi siswa untuk menipu akademis. kecurangan akademik adalah berkembangnya kekhawatiran di kalangan remaja di sekolah-sekolah di seluruh dunia. Ini adalah masalah yang dimulai di sekolah dasar dan berlangsung sampai perguruan tinggi. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kecurangan akademik adalah masalah serius di semua tingkatan pendidikan di seluruh dunia (Mc Cabe, Terivino, & Butterfield, 2001).
Kecurangan akademik didefinisikan sebagai perubahan ilegal kelas satu, penggunaan membantu bahan saat tes tanpa izin atau mewakili karya orang lain sebagai miliknya sendiri. kecurangan akademik juga setiap tindakan lain dari ketidakjujuran atas nama mahasiswa, guru atau dosen di lingkungan akademik. Hal ini diyakini bahwa kecurangan akademik lebar tersebar di semua tingkat pendidikan sementara itu biasanya dimulai di kalangan siswa pada usia 10 sampai 14.
2)   Bentuk Kecurangan Akademik
      Kecurangan dapat berbentuk catatan boks, melihat dari atas bahu seseorang selama ujian atau berbagi terlarang informasi antara siswa mengenai ujian atau latihan. Banyak metode yang rumit dari kecurangan telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Misalnya, siswa telah didokumentasikan catatan bersembunyi di kamar mandi toilet tangki, di pinggirannya topi baseball atau lengan baju mereka. Juga, menyimpan informasi dalam grafik kalkulator, pager, ponsel, dan perangkat elektronik lainnya telah dipotong sejak revolusi informasi dimulai. Sementara siswa telah lama diam-diam mengamati tes dari mereka duduk dekat mereka, beberapa Siswa secara aktif mencoba untuk membantu mereka yang mencoba untuk menipu.
3)   Pencegahan Kecurangan Akademik
a)     Mempromosikan Integritas Akademik
      Integritas akademik adalah kode moral atau politik etis dari akademisi. Ini termasuk nilai-nilai seperti menghindari kecurangan atau plagiarisme, pemeliharaan standar akademik, kejujuran dan ketelitian dalam penelitian dan penerbitan akademis. integritas akademik berarti kejujuran dan tanggung jawab dalam beasiswa. tugas-tugas akademik yang ada untuk membantu siswa belajar; nilai yang ada untuk menunjukkan bagaimana sepenuhnya tujuan ini tercapai.
b)   Komunikasi antara Orangtua dan Anak
      Orang tua dapat memainkan peran penting untuk mengurangi kecurangan siswa. Orang tua dapat berbicara dengan anak-anak tentang bagaimana perasaan mereka secara akademis serta apakah anak mereka merasa stres. Kadangkala siswa melakukan penipuan karena mereka melihatnya sebagai satu-satunya cara untuk memenuhi harapan tinggi yang dibebankan kepada mereka.
c)    Anggota Fakultas Baik
      Guru dapat memainkan peran penting untuk mengurangi kecurangan siswa. Salah satu cara paling efektif untuk mencegah kecurangan akademik adalah untuk secara jelas menginformasikan siswa dari harapan Anda dan kebijakan sekolah. Sebuah percakapan jujur ​​dengan siswa dapat membantu mencegah masalah dan mengirimkan jelas

Tidak ada komentar: