Segmentasi pasar
menurut Kotler (2012) pasar yang terdiri dari sekelompok pelanggan yang
memiliki sekumpulan kebutuhan dan keinginan yang serupa. Sedangkan Schiffman
dan Kanuk (2008) mendefinisikan segmentasi pasar sebagai proses membagi pasar
menjadi irisan-irisan konsumen yang khas yang mempunyai kebutuhan atau sifat
yang sama dan kemudian memilih satu atau lebih segmen yang akan dijadikan sasaran
bauran pemasaran yang berbeda. Kasali (2008) menyatakan bahwa segmentasi merupakan
proses mengkotak-kotakkan pasar yang heterogen ke dalam kelompok-kelompok
potential customers yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter
yang memiliki respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.
Pengertian lain mengenai segemntasi pasar
diutarakan oleh Lamb, Haur McDaniel (2001) yaitu proses membagi sebuah pasar ke
dalam segmen-segmen atau kelompok-kelompok yang bermakna, relatif sempurna dan
dapat di identifikasikan.
Seperti yang
dikemukakan oleh Assauri (2012), Ia membagi segmentasi menjadi empat variabel
segmentasi utama bagi konsumen. Variabel segmentasi yang umum digunakan adalah
variabel geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
1. Segmentasi
geografis
Segmentasi geografis digunakan untuk
mengklasifikasikan pasar berdasarkan lokasi yang akan mempengaruhi biaya
operasional dan jumlah permintaan secara berbeda. Dalam segmentasi geografi,
pasar dibagi menjadi unit geografis, seperti: negara, provinsi, kota atau
lingkungan. Segmentasi pasar ini dilakukan dengan mengelompokkan konsumen
menjadi bagian pasar menurut skala wilayah atau letak geografis yang dapat
dibedakan berdasarkan :
a.
Wilayah
Dapat diperoleh
segmen pasar yang berupa pasar lokal, pasar regional, pasar nasional, dan pasar
luar negeri atau ekspor. Masing-masing pasar berdasarkan wilayah ini
berbeda-beda potensi dan cara menanganinya.
b.
Iklim
Dengan dasar ini,
diperoleh segmen pasar yang berupa pasar daerah pegunungan dan dataran tinggi
serta pasar daerah pantai dan dataran rendah. Masing-masing pasar berdasarkan
iklim ini berbeda kebutuhan, keinginan, dan preferensinya
c.
Kota atau desa
Dapat diperoleh
segmen pasar yang berupa pasar daerah perkotaan dan pasar daerah desa atau
pertanian. Masing-masing segmen pasar ini berbeda potensi serta motif,
perilaku, dan kebiasaan pembeliannya sehingga membutuhkan cara penanganan
pemasaran berbeda.
2.
Segmentasi demografis
Dalam segmentasi
demografis, pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan
variabel-variabel demografis seperti usia, ukuran keluarga, siklus kehidupan
keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, agama, ras, generasi
kewarganegaraan, dan kelas sosial. Variabel-variabel demografis adalah dasar
yang paling populer untuk membedakan kelompok-kelompok pelanggan.
3.
Segmentasi psikografis
Segmentasi
psikografis, segmen pasar ini dilakukan dengan mengelompokkan konsumen atau
pembeli menjadi bagian pasar menurut variabel-variabel pola atau gaya hidup
(life style) dan kepribadian (personality). Sebagai contoh, segmen pasar
masyarakat yang bergaya hidup konsumtif dan mewah berbeda dengan segmen pasar
masyarakat 15 yang bergaya hidup produktif dan hemat yang mementingkan kualitas
dengan harga yang relatif murah.
4. Segmentasi
perilaku
Dalam segmentasi perilaku pasar diklasifikasi
dalam kelompok-kelompok yang dibedakan berdasarkan pengetahuan, sikap,
penggunaan atau respon terhadap suatu produk
Berdasarkan pengertian-pengertian di atas
segmentasi pasar adalah tindakan untuk membagi dan mengelompokkan pasar yang
berbeda dari segi kebutuhan, gaya pembelian
dan reaksi penawaran yang disesuaikan
untuk mencapai kombinasi pemasaran yang terpisah.
Dalam penerapan teori di atas pada pasar
tradisional memberikan perbedaan dengan segmentasi pasar pada umumnya. Hal ini
dikarenakan tidak membedakan jenis barang seperti penelitian segmentasi pasar
pada umumnya namun membedakan pada pelayanan yang dibutuhkan oleh konsumen
serta latar belakang (demografi dan geografi). Berdasarkan penelitian Kusrini
(2011) maka segmentasi pasar tradisional dibagi berdasarkan dimensi terhadap demografis
geografi, dan opini terhadap revitalisasi pasar sehingga dapat dibagi menjadi
beberapa indikator di bawah yaitu :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar