Ada
2 konsep segmentassi yaitu konsep pendekatan apriori dan pendekatan post-hoc
(Kasali, 2007).
Pada pendekatan Apriori, segmen ditentukan diawal sebelum dilakukan survei,
bahkan sebelum barang dijual atau data pembeli yang sebenarnya dikumpulkan.
Sedangkan post-hoc adalah pendekatan yang berorientasi pada suatu jangkauan
tertentu.
Secara
garis besar ada dua metode yang lazim dipakai dalam riset-riset segmentasi
post-hoc dewasa ini, yaitu metode dependensi dan metode interdependensi. Dalam
metode dependensi, segmen-segmen dihasilkan karena ada hubungan antara variabel
terikat dengan sejumlah variabel bebas. Variabel terikat ini haruslah sesuatu
yang mencerminkan tindakan konsumen yang penting bagi kegiatan usaha. Dan dalam
hal ini peneliti harus percaya ada variabel-variabel lain yang mendorong
konsumen melakukan tindakan-tindakan itu. Variabel-variabel itu adalah variabel
bebasm seperti usia, gender, pendidikan, pemkaian dan sebagainya.
Pada
metode interdepensi, segmentasi hanya dibentuk oleh variabel-variabel bebas.
Dalam metode ini, variabel-variabel bebas tidak dikaitkan dengan variabel
terikat yang harus dijelaskan atau diprediksi. Objektifnya adalah menemukan
kelompok-kelompok konumen yang memiliki kesamaan respon terhadap
variabel-variabel bebas tertentu. Contoh dari metode ini adalah analisis
cluster.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar