Rabu, 16 Januari 2019

Program Linear Samar /Fuzzy Linear Progamming (FLP) (skripsi dan tesis)


Menurut George J. Klir dan Bo Yuan (1995),bentuk umum model program linear samar sama dengan bentuk umum model program linear biasa. Model matematika program linear samar yaitu sebagai berikut:
Dengan Aij, Bi, Cj  adalah bilangan-bilangan samar dan Xj adalah variabel-variabel yang berupa bilangan samar ; dengan operasi-operasi penambahan dan perkalian menggunakan operasi-operasi aritmatika fuzzy, dan ػmenunjukkan pengurutan bilangan-bilangan samar.
Menurut Allahviranloo, dkk (2008), metode-metode yang digunakan untuk menyelesaikan dapat dikategorikan menjadi dua macam, yaitu metodeberdasarkan kesamaran parameter-parameter keputusan dan metode berdasarkan kesamaran variabel-variabel keputusan. Menurut Allahviranloo, dkk (2008), Buckley dan Feuring memperkenalkan sebuah jenis dari masalah program linear samar yang disebut fully fuzzified linear programming. Masalah FFLP merupakan hasil generalisasi kesamaran parameter-parameter keputusan dan kesamaran variabel-variabel keputusan, sehingga seluruh parameter-parameter keputusan dan variabel-variabel keputusan adalah bilangan-bilangan samar.
Untuk menggambarkan beberapa konsep yang telah diberikan terlihat berkaitan, maka berikut ini akan dibahas beberapa contoh dari masalah program linear fuzzy dengan metode yang ada

Tidak ada komentar: