MDS atau penetapan skala multidimensi
merupakan sebuah kelas prosedur untuk merepresentasikan
persepsi dan preferensi responden secara spasial dengan menggunakan sebuah tampilan visual. MDS juga dikenal sebagai pemetaan
persepsi, yaitu berhubungan dengan pembuatan map
untuk menggambarkan posisi sebuah obyek dengan obyek lainnya berdasarkan kemiripan obyek–obyek tersebut. MDS
dapat juga diaplikasikan ke dalam rating subyektif dalam perbedaan (dissimilarity) antara obyek
atau konsep. Lebih lanjut teknik ini dapat mengolah
data yang berbeda dari berbagai sumber yang berasal dari responden. Teknik MDS dapat digunakan untuk
mengidentifikasi dimensi-dimensi yang menggambarkan persepsi konsumen (Malhotra, 2004).
Analisis multidimensional scaling (MDS)
adalah suatu kelas prosedur untuk menyajikan
persepsi dan preferensi pelanggan secara spasial dengan menggunakan tayangan yang biasa dilihat. Analisis penskalaan multidimensional
scaling dipergunakan di dalam pemasaran untuk
mengenali (mengidentifikasi) hal-hal berikut(Supranto,2004):
1.
Banyaknya dimensi dan sifat/cirinya yang
dipergunakan untuk mempersepsikan merek
yang berbeda di pasar.
2. Penempatan
(positioning) merek yang diteliti dalam dimensi ini.
3. Penempatan
merek ideal dari pelanggan dalam dimensi ini.
Informasi sebagai hasil
analisis penskalaan MDS telah dipergunakan untuk berbagai aplikasi pemasaran, antara lain sebagai
berikut:
1.
Ukuran citra (image measurement).
Membandingkan
persepsi pelanggan dan bukan pelanggan dari perusahaan dengan persepsi perusahaan sendiri.
2.
Segmentasi pasar (market segmentation).
3.
Pengembangan produk baru (new product
development). Melihat adanya
celah (gap) dalam peta spasial yang menunjukkan adanya peluang untuk penempatan produk baru.
4.
Menilai keefektifan iklan (assesing
advertising effectiveness).
Peta
spasial digunakan untuk menentukan apakah iklan/advertensi telah berhasil di dalam mencapai penempatan merek yang
diinginkan.
5.
Analisis harga (pricing analysis).
Peta
spasial dikembangkan dengan dan tanpa informasi harga dapat dibandingkan untuk menentukan dampak yang ditimbulkan
harga.
6.
Keputusan saluran (channel decisions).
Pertimbangan
pada kecocokan dari merek toko dengan eceran yang berbeda dapat mengarah ke peta spasial yang berguna
untuk keputusan saluran.
7.
Pembentukan skala sikap (attitude scale
construction).
Teknik
MDS dapat dipergunakan untuk mengembangkan dimensi yang cocok dan pengaturan ruang sikap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar