Selasa, 08 Januari 2019

Konsep Dasar Time Series (skripsi dan tesis)

Time series adalah suatu rangkaian atau seri dari nilai-nilai suatu variabel atau hasil observasi, dalam hal ini adalah nilai indeks harga saham, yang dicatat dalam jangka waktu yang berurutan (Atmaja, 2009: 29). Metode time series adalah metode peramalan dengan menggunakan analisa pola hubungan antara variabel yang akan diperkirakan dengan variabel waktu atau analisis time series, antara lain: 
1. Metode Smoothing
 2. Metode Box–Jenkins (ARIMA) 
3. Metode Proyeksi trend dengan Regresi. 
Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan peramalan adalah pada galat (error), yang tidak dapat dipisahkan dalam metode peramalan. Untuk mendapatkan hasil yang mendekati data asli, maka seorang peramal berusaha membuat error-nya sekecil mungkin. Dengan adanya data time series, maka pola gerakan data dapat diketahui. 
Dengan demikian, data time series dapat dijadikan sebagai dasar untuk:
 a. Pembuatan keputusan pada saat ini.
 b. Peramalan keadaan perdagangan dan ekonomi pada masa yang akan datang. 
c. Perencanaan kegiatan untuk masa depan. Analisa data time series adalah analisa yang menerangkan dan mengukur berbagai perubahan atau perkembangan data selama satu periode (Hasan, 2002: 184). 

Analisis time series dilakukan untuk memperoleh pola data time series dengan menggunakan data masa lalu yang akan digunakan untuk meramalkan suatu nilai pada masa yang akan datang.

Tidak ada komentar: