Untuk
mensegmentasi pasar konsumen,d apat digunakan variabel-variabel yang berbeda.
Ada beberapa pendapat mengenai dasat untuk membentuk suatu segmen, namun secara
umum hampir sama. Variabel segmentasi utama yang dijabarkan oleh Kotler dan
Keller (2007)
seperti berikut ini :
1. Segmentasi
Geografi (Where), merupakan segmentasi yang membagi pasar menjadi unit-unit
geografi yang berbeda-beda, seperti : negara bagian, pulau, propinsi, kota,
kecamatan atau RT.
2. Segmentasi
Demografi (Who), merupakan segmentasi yang terdiri dari pembagian pasar menjadi
kelompok-kelompok dengan dasar variabel-variabel demografi, seperti: usia,
jenis kelamin, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pendidikan, profesi,
penghasilan, agama dan kewarganegaraan.
3. Segmentasi
Psikografis (Why), merupakan segmentasi dimana konsumen dibagi menjadi kelompok
yang berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup dan atau kepribadian.
4. Segmentasi
Perilaku (How), dalam mensegmentasi perilaku konsumen dibagi menjadi
kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian, atau tanggapan
mereka terhadap suatu produk.
Sementara
Assael (2004) berpendapat bahwa ada 3 dasar untuk analisis segmentasi pasar
yaitu
1. Manfaat
(benefits), bertujuan untuk membuat pengembangan produk baru dan memposisikan
produk eksisting dengan kriteria nutrisi, kesehatan, ekonomi, rasa yang enak,
kinerja produk dan prestis.
2. Perilaku
(behaviour), bertujuan untuk membuat strategi pemasaran dengan kriteria
penggunaan merk, penggunakan kategori produk dan tingkat penggunaan.
3. Elastisitas
respons, dengan tujuan untuk menyasar upaya pemasaran dan kriterianya
elastisitas harga, elastisitas kesepakatan dan elastisitas periklanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar