Selasa, 25 Desember 2018

Struktur Persoalan Persediaan (skripsi dan tesis)


Untuk mengklasifikasikan persoalan persediaan, persoalan ini dapat ditinjau dari dua aspek yang saling berkaitan yaitu aspek permintaan bahan baku untuk sekarang atau untuk waktu yang akan datang dan aspek yang kedua adalah untuk mengadakan persediaan agar permintaan tersebut dapat dipenuhi.
                 Pengetahuan mengenai kebutuhan dimasa yang akan datang dapat dibagi dalam tiga kelas, yaitu:
1.    Permintaan bahan baku untuk waktu yang akan datang diketahui dengan    pasti, disebut dengan persoalan persediaan denga kepastian (inventory problem under certainly).
2.    Permintaan bahan baku untuk waktu yang akan datang tidak dapat diketahui dengan pasti, tetapi hanya dapat diketahui distribusi kemungkinannya, disebut persoalan dengan resiko (inventory problem under risk).
3.    Permintaan bahan baku untuk waktu yang akan datang tidak dapat diketahui, baik jumlahnya maupun kemungkinannya disebut dengan persoalan persediaan dengan ketidakpastian (inventory problem under-uncertainty).
                        Ada empat unsur utama yang harus diperhatikan dengan baik dalam melakukan analisis dalam system persediaan, yaitu:
1.    Permintaan, adalah suatu yang dibtuhkan oleh pemakai yang perlu dikeluarkan dari persediaan. Ukuran permintaan ada yang bersifat tetap dan ada yang berubah-ubah (bervariasi).
2.    Penambahan persediaan adalah penambahan pada persediaan yang ada pada umumnya dapat dikendalikan. Sifat penambahan pada persediaan ini ukurannya dapat tetap atau bervariasi, dapat dengan atau tanpa waktu ancang-ancang (lead time).
3.    Biaya-biaya persediaan, yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mengadakan persediaan.
4.    Faktor-faktor pembatas jumlah persediaan. Seperti keterangan pada unit keterbatasan tempat penyimpanan karena penambahan, keterbatasan pada penjadwalan dan tingkat persediaan. Keterbatasan permintaan seperti terjadinya kekurangan persediaan serta keterbatasan dana.
                        Dari uraian diatas, jelas terlihat semua itu adalah kendala yang hampir dialami oleh semua perusahaan, baik itu perusahaan yang kecil maupun yang besar sekalipun. Sebagai landasan utama dalam memecahkan masalah tersebut, perlu ditetapkan suatu kebijakan perusahaan terutama dalam persediaan. Dalam kaitannya dengan hal tersebut ada empat kebijakan yang perlu dilakukan dengan standar kualitas:
1.    Persediaan Minimum (Minimum Point)
                 Persdiaan minimum merupakan batas jumlah persediaan yang paling rendah atau kecil yang harus ada untuk suatu jenis bahan atau barang untuk menghindari terjadinya kekurangan bahan/persediaan (stock out). Untuk mengatasi hal tersebut persediaan minimum ini merupakan cadangan untuk menjamin keselamatan operasi atau kelancaran produksi perusahaan, oleh karena itu persediaan ini persediaan penyelamat (safety stock). Jadi besarnya persediaan minimum hendaknya sama besarnya persediaan penyelamat.
2.    Besar Standar Pesanan (standar Order)
                 Yang dimaksud dengan pesanan standar adalah banyaknya bahan yang dipesan dalam jumlah yang tetap dalam satu periode yang telah ditetapkan, misalnya satu tahun. Pemesanan ini sering disebut juga dengan jumlah pemesanan yang ekonomis (economic order quantity), dimana hal ini dimaksudkan untuk meminimumkan yang terkandung dalam persediaan. Biaya-biaya tersebut adalah biaya pemesanan (ordering cost) dan biaya penyimpanan (carrying cost). Untuk meminimumkan biaya persediaan, maka idealnya adalah biaya pemesanan tersebut sama dengan biaya penyimpanan.
3.    Persediaan maksimum (maximum Points/Stock)
                 Persediaan maksimum merupakan batas jumlah persdiaan yang paling besar yang sebaiknya dapat diadakan oleh perusahaan. Batas persediaan maksimum tidak didasarkan pada pertimbangan efektifitas dan efisiensi kegiatan perusahaan. Adapun maksud dari persediaan ini adalah agar perusahaan dapat menghindari kerugian-kerugian karena kekurangan bahan (stock out) dan tidak melakukan pengadaan yang berlebihan, yang dapat menimbulkan pengeluaran biaya banyak. Adapun besarnya persediaan maksimum yang sebaiknya dimilki oleh perusahaan adalah jumlah dari pesanan standar (standar order) ditambah dengan besranya biaya penyelamat (safety order). Dengan diketahui besarnya biaya maksimum, maka akan dapat membantu pimpinan perusahaan dalam menentukan besarnya investasi maksimum yang perlu disediakan untuk bahan-bahan tertentu yang dibutuhkan.
4.    Titik pemesanan Kembali ( Reorder Point/Level)
                 Titik pemesana kembali adalah suatu titik atau batas dari jumlah persediaan yang ada pada suatu saat dimana pemesanan harus diadakan kembali. Dalam menentukan titik ini harus diperhatikan besarnya penggunaan bahan selama bahan-bahan yang dipesan belum datang dan persediaan minimum. Besarnya penggunaan selama bahan-bahan yang dipesan belum diterima ditentukan oleh dua factor, yaitu lead time dan tingkat penggunaan rata-rata.

Tidak ada komentar: