Senin, 24 Desember 2018

Prinsip Antrian (skripsi dan tesis)


a.       Panjang antrian
Banyak sistem antrian  dapat menampung jumlah individu-individu yang relatif besar, tetapi ada beberapa sistem yang mempunyai kapasitas yang terbatas. Bila kapasitas antrian menjadi faktor pembatas besarnya jumlah individu yang dapat dilayani  dalam sistem secara nyata, berarti sistem mempunyai kepanjangan antrian yang terbatas dan model antrian terbatas harus digunakan untuk menganalisa sistem tersebut.
Sebagai contoh sistem yang mungkin mempunyai antrian yang terbatas adalah jumlah tempat parkir atau stasiun pelayanan, jumlah tempat minum di pelabuhan udara, atau jumlah tempat tidur di rumah sakit. Secara umum model antrian terbatas lebih kompleks daripada sistem antrian tak terbatas (Hani Handoko dkk, 1997).
b.        Disiplin Antrian
Disiplin antrian menunjukkan pedoman keputusan yang digunakan  untuk menyeleksi individu-individu yang memasuki antrian untuk dilayani terlebih dahulu (prioritas). Beberapa macam disiplin antrian (Hani Handoko dkk, 1997) diantaranya adalah :
1.  First Come, First Served (FCFS)
Disiplin antrian yang paling umum adalah pedoman First Come, First Served (FCFS), yang pertama kali datang pertama  kali dilayani. Contohnya sistem antrian dalam membeli tiket kereta api.
2.  Last Come-Fisrts Served (LCFS)
Yang datang terakhir yang lebih dahulu keluar. Contohnya sistem antrian dalam lift untuk lantai yang sama.
3.  Service In Random Order (SIRO).
Panggilan didasarkan pada peluang secara random, tidak mempersoalkan siapa yang lebih dahulu datang.

Tidak ada komentar: