Senin, 24 Desember 2018

Persentil (skripsi dan tesis)


Dalam melakukan desain terhadap mesin atau alat-alat yang akan berinteraksi dengan manusia pada saat manusia akan melakukan pekerjaannya, diperlukan data-data dimensi tubuh dalam menentukan ukuran dari mesin atau alat-alat tersebut. Data yang dikumpulkan bergantung dari tujuan desain yang akan dilakukan baik itu yang berorientasi kepada pengguna yang terdiri dari orang tertentu saja, atau yang berorientasi pada masyarakat umum. Jika desain terhadap alat-alat ditujukan kepada orang atau kelompok orang tertentu, maka kegiatan ini disebut sebagai  user center design. Sedangkan jika hasil desain ditujukan kepada masyarakat umum, maka disebut sebagai human center design.
Dari sekian banyak data dimensi tubuh yang dikumpulkan tentunya memiliki sebaran data yang tidak sama satu dengan yang lainnya, hal ini disebabkan oleh diemnsi tubuh dari setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki dimensi tubuh yang ekstrim besar, ada yang memiliki dimensi tubuh yang ekstrim kecil, dan yang paling banyak tentunya orang dengan dimensi tubuh yang normal atau rata-rata.
Adanya perbedaan dimensi tubuh ini mengakibatkan sangat susah untuk menentukan ukuran tubuh yang mana yang akan dijadikan sebagai patokan dalam melakukan desain terhadap mesin atau alat-alat bantu bagi manusia dalam melakukan pekerjaannya.
Menentukan nilai ukuran tidak dapat dilakukan dengan menggunakan nilai rata-rata saja sebab bagi orang-orang yang memiliki dimensi tubuh yang lebih besar atau lebih kecil akan merasa kesulitan dalam menggunakannya. Meminimasi keadaan seperti ini diperlukan persentil.
Cara-cara perhitungan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara sederhana dan secara lengkap :

a.       Cara sederhana adalah dengan mengurutkan data tersebut dari yang terkecil sampai yang terbesar. Kemudian menghitung persentil dari P5, P50, dan P95.
Langkah-langkah perhitungan persentil cara sederhana adalah sebagai berikut:
a.       Mencari data minimum (X)
b.      Mencari data maksimum (Y)
c.       Menghitung range (R)
R = Y - X
d.      Menghitung persentil Pn = (R x n%) + X
P5 = (Range x 5%) + data minimum
P50 = (Range x 50%) + data minimum
P95 = (Range x 95%) + data minimum
b.      Cara lengkap adalah dengan tidak mengurutkan data tersebut dahulu melainkan dengan cara langsung menghitung persentil dari P5, P50, dan P95.





·         

Tidak ada komentar: