Senin, 24 Desember 2018

Pengertian Program Dinamis (skripsi dan tesis)



    Programa dinamis adalah suatu teknis matematis yang biasanya digunakan untuk membuat suatu keputusan dari serangkaian keputusan yang saling berkaitan. Tujuan utama model ini adalah untuk memudahkan penyelesaian persoalan optimasi yang mempunyai karakteristik tertentu. [ 4 ]
   Ide dasar programa dinamis ini adalah membagi persoalan menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sehingga memudahkan penyelesaiannya. Dibanding dengan teknik pemecahan masalah yang lain (programa linier), programa dinamis ini tidak ada formulasi matematis yang standar. Karena itu, persamaan - persamaan yang terpilih untuk digunakan harus dapat dikembangkan agar dapat memenuhi masing -masing situasi yang dihadapi. Dengan demikian, maka antara persoalan yang satu dengan persoalan lainnya dapat mempunyai struktur penyelesaian.
Programa dinamis telah banyak diterapkan dalam masalah bisnis dan industri seperti : masalah scheduling produksi, pengendalian persediaan, analisa network, proyek - proyek penelitian dan pengembangan, serta employment yang kesemuanya dapat dipecahkan dengan menggunakan prosedur penyelesaian programa dinamis yang berbeda - beda tergantung pada sifat masalah optimasinya.



Tidak ada komentar: