Senin, 24 Desember 2018

Karakteristik dan Nilai Guna (skripsi dan tesis)


Beberapa karakteristik dari sistem pendukung keputusan yaitu:[10]
a.       Sistem Pendukung Keputusan dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur ataupun tidak terstruktur.
b.      Dalam proses pengolahannya, Sistem Pendukung Keputusan mengombinasikan penggunaan model-model/ teknik – teknik analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari/interogasi informasi.
c.       Sistem Pendukung Keputusan, dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan/dioperasikan dengan mudah oleh orang-orang yang tidak memiliki dasar kemampuan pengoperasian computer yang tinggi. Oleh karena itu pendekatan yang digunakan biasanya model interaktif.
d.      Sistem Pendukung Keputusan dirancang dengan menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi. Sehingga mudah disesuaikan dengan bebagai perubahan lingkungan yang terjadi dan kebutuhan pemakai.
Keuntungan dari penggunaaan Sistem Pendukung Keputusan meliputi: [10]
a.       Sistem Pendukung Keputusan memperluas kemempuan pengambil keputusan dalam memproses data/informasi bagi pemakainya
b.      Sistem Pendukung Keputusan membantu pengambil keputusan dalam hal penghematan waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah terutama berbagai masalah yang sangat kompleks dan tidak terstruktur
c.       Sistem Pendukung Keputusan dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan.
d.      Walaupun Sistem Pendukung Keputusan, mungkin saja tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapai oleh pengambil keputusan, namun ia dapat menjadi stimulan bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya. Karena Sistem Pendukung Keputusan dapat mampu menyajikan berbagai alternatif.
e.       Sistem Pendukung Keputusan dapat menyediakan bukti tambahan untuk memberikan pembenaran sehingga dapat memperkuat posisi pengambil keputusan

Tidak ada komentar: