Selasa, 17 April 2018

Khlorinator (skripsi dan tesis)

Menurut Winarno (1986), alat yang diperlukan dalam klorinansi disebut klorinator dan jenis-jenis klorinator dapat ditemukan di pasaran. Klorinator sederhana dapat digunakan dalam khlorinasi kantinyu bagi suplai air yang jumlahnya relatif banyak. Klorinator dapat diupayakan dengan membuat sendiri, salah satunya adalah jenis Klorin Difuser yang terbuat dari bahan PVC dan jenis khlorinator (alat khlorinasi) sederhana yang banyak dipakai dalam penelitian pada jajaran Departemen Kesehatan. Dalam penelitian sebagai sarana khlorinasi air bersih pada sumur gali protected (dinding disemen/diplester minimal sedalam 3 m) dan  unprotected (tanpa ada didnding yang disemen/plester) berdasarkan pada standart yang telah ditetapkan dengan dosis kaporit 1,00 ppm untuk sumur gali protected dan 1,5 ppm sumur gali unprotected. Susunan alat klorin difuser dari PVC dengan ukuran :  diameter pipa luar 2 inch dan pipa dalam 1 inch, bersekat pasir diantaranya, dengan panjang 30 cm; pasir ukuran diameter 0,4 – 0,9 mm; kaporit kadar 60 %; lubang difuser ukuran 5 mm; jumlah lubang sebanyak 15 buah, memberikan sisa khlor 0,51 mg/l pada sumur gali protected dan sisa khlor 0,49 mg/l pada sumur gali unprotected. K
Penggunaan khlorin difuser dilapangan masih menemui kendala terjadinya akumulasi konsentrasi khlorin  pada kondisi air sumur tidak digunakan dan sisa khlor pada kondisi penggunaan air sumur yang menerus relatif lama hampir tidak ada.
Cairan khlorin anhidrid dan gas khlorin tidak korosif, sehingga dapat disimpan aman di dalam tabung besi dan dapat dipindahkan secara aman menggunakan pipa-pipa logam. Sangat berbeda dengan larutan khlorin termasuk kaporit mempunyai sifat sangat korosif, sehingga wadah maupun pipa distribusi harus menggunakan bahan konstruksi dari plastik (polimer, misal jenis Poly Vinyl Chlorida PVC, Poly Propylene PP, Poly Styrene PS); Karet keras; Gelas; dan lain material konstruksi yang tahan korosif  (Schulz dan Okun,1984).

Tidak ada komentar: