Rabu, 07 Juni 2017

Prinsip dalam Pelaku Bisnis Online (skripsi dan tesis)

Berdasarkan penelitian Bob (2014) diketahui bahwa dalam pelaksanaan prinsip-prinsip etika bisnis online dalam media sosial facebook ketahui bahwa terdapat perbedaan dibandingkan dengan pelaksanaan prinsip-prinsip etika bisnis online dalam media lainnya. Untuk selanjutnya, penulis akan menguraikan pelaksanaan prinsip-prinsip etika bisnis online dalam media sosial facebook sebagai berikut.
a.    Kejujuran
Kejujuran merupakan suatu prinsip etika bisnis. Kini para praktisi bisnis dan manajemen mengakui bahwa kejujuran merupakan suatu jaminan dan dasar bagi kegiatan bisnis (Moerdiyanto, 2009).
1)   Reseller fashion memberikan informasi tentang produk sesuai dengan kondisi produk, yang ditunjukkan dengan foto disertai informasi bahan, ukuran
2)   .Pemberian harga sesuai dengan yang dicantumkan saat promosi, syarat  berlaku, menjelaskan harga produk dan ongkos kirim.
3)   Jujur dalam kualitas produk, apalagi untuk produk branded yang sudah terkenal dan banyak dijual di toko lain
b.    Tanggung Jawab
Tanggung jawab yang diberikan oleh reseller ditunjukkan dengan menepati janji, dan memberitahu ketika terjadi perubahan. Mengirimkan produk sesuai transaksi yang dilakukan sampai ke tangan konsumen, dan sebisa mungkin menyelesaikan complain yang ada.
c.    Bersaing secara Sehat
reseller fashion harus menunjukkan upaya bersaing secara sehat dengan cara   berusaha menciptakan persaingan yang sehat dengan cara menghargai pesaing, menjaga hubungan baik dengan para kompetiter selama masih dalam batas- batas etika dalam bisnis.
d.   Sikap ramah
Sifat ramah dalam reseller media sosial Facebook  tercermin dalam :
1)      .Melakukan interaksi dengan konsumen
2)      Ramah dalam menanggapi setiap  pertanyaan konsumen terkait dengan  produk yang dijua
e.    Peduli dengan pelanggan
Prinsip peduli dengan pelanggan dapat diwujudkan dalam hal, yaitu
1)      Tidak adanya pemaksaan terhadap  pembelian suatu produk, namun reseller fashion memberikan informasi yang jelas mengenai  produk tersebut, misalnya kualitas  produk.
2)      .Penangan pesanan maupun complain diterima secara welcome oleh reseller fashion
f.     Responsif
Nilai responsif terwujud dalam penyediaan waktu untuk konsumen, menjawab setiap keingintahuan konsumen atas suatu produk yang dipromosikan dengan keramahan.
g.    Dedikasi yang Tinggi
Dedikasi yang tinggi dapat diwujudkan dengan cara   juga menerapkan nilai etika bisnis dedikasi. Dedikasi tercermin dalam penjualan produk yang berkualitas dan  pelayanan yang baik. Dedikasi yang tinggi akan dapat memberikan tercapainya perusahaan dalam membangun profit dan meningkatkan tarf kehidupan yang lebih baik

Tidak ada komentar: