Selasa, 13 Desember 2016

Manfaat Corporate Social Responbility (skripsi dan tesis)


CSR sangat berperan dalam menjaga keharmonisan bisnis dan bermasyarakat. Bayangkan sebuah perusahaan yang tidak menjalankan CSR, seperti di Ekuador, Peru dan Kolumbia. Dalam penelitiannya Argandona (2007), tingkat akses masyarakat menengah ke bawah ke lembaga keuangan di sana sangatlah rendah. Yang mengakibatkan persentase pendapatan sangatlah rendah bila dibandingkan dengan rata rata yang dibuat oleh World Bank. Hal tersebut dikarenakan CSR lembaga keuangan di sana yang kurang perhatian terhadap akses masyarakat kecil. Tingkat efisiensi dan efektivitas lembaga keuangan di sana sangatlah kurang diperhatikan menjadikan kinerjanya berjalan kurang optimal.
Menurut Untung (2008), sebenarnya apa yang diharapkan dari pelaksanaan CSR adalah selain memberdayakan masyarakat, dari sisi perusahaan, jelas agar operasional berjalan berjalan lancar tanpa gangguan. Jika hubungan antara perusahaan dan masyarakat tidak mesra, bisa dipastikan ada masalah. Pelaksanaan program CSR belum sepenuhnya diterima oleh masyarakat. Itu disebabkan oleh minimnya perhatian perusahaan terhadap pelaksanaan CSR. Dari uraian tersebut, tampak bahwa manfaat CSR bagi perusahaan antara lain:
a.                   Mempertahankan dan mendongkrak reputasi serta citra merk perusahaan.
b.                  Mendapatkan lisensi untuk beroperasi secara sosial.
c.                   Mereduksi resiko bisnis perusahaan.
d.                  Melebarkan akses sumber daya bagi operasional usaha.
e.                   Membuka peluang pasar yang lebih luas.
f.                   Mereduksi biaya, misalnya terkait dampak pembuangan limbah.
g.                  Memperbaiki hubungan dengan stakeholders.
h.                  Memperbaiki hubungan dengan regulator.
i.                    Meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan.
j.                    Peluang mendapatkan penghargaan.

Tidak ada komentar: