Selasa, 27 Desember 2016

Analisis Data Penelitian Kualitatif (skripsi dan tesis)

Penelitian ini akan dilakukan dengan analisis utama kualitatif. Unit penelitian ini adalah remaja, sehingga menggunakan content analysis. Analisis datanya dilakukan sejak awal turun ke lokasi melakukan pengumpulan data, dengan cara “mengangsur atau menabung” informasi, mereduksi, mengelompokkan dan seterusnya sampai terakhir memberikan interpretasi.
Langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan analisis data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Mengorganisasikan data, seperti memberikan label pada semua file wawancara dan menstranskripsikan wawancara dalam bentuk verbatim (kata demi kata) setelah wawancara selesai dilakukan, menyiapkan salinan-salinan transkrip dan menyimpan data asli dengan baik.
2.    Memberikan kode-kode pada data yang diperoleh. Kode diteruskan pada bagian samping transkrip verbatim dan membuat kategori sesuai dengan teori yang akan dilakukan.
3.    Membaca transkrip wawancara untuk menemukan kata kunci, tema dan kategori dari jawaban-jawaban subjek hingga didapatkan pemahaman tentang kasus maupun hal-hal esensial lainnya.
4.    Dugaan sementara yang tiba-tiba muncul dalam pikiran dan menguji dugan tersebut dengan cara membandingkan tema-tema dan pola-pola yang ada dengan tema-tema dan pola-pola dikembangkan peneliti. Dalam pengujian terhadap dugaan digunakan perspektif dalam pemberian kode menuliskan kesimpulan semua interview untuk keleluasaan analisis serta mengecek bias-bias yang mungkin tidak disadari peneliti.
5.    Peneliti melakukan analisa inter iter dengan beberapa teman atau tim penelitian untuk melihat apakah ada sudut pandang yang berbeda terhadap pemahaman dari hasil wawancara.
6.    Interpretasi pemahaman dan penarikan kesimpulan. Hasil data diperoleh, dibandingkan dengan gambaran diperoleh dari konsep teori yang digunakan.

Tidak ada komentar: