Sabtu, 12 November 2016

Umpan Balik Belajar

Langkah umpan balik sebenarnya sudah dimulai pada saat latihan dikerjakan. Umpan balik mendorong siswa untuk melihat bahan yang telah dimengerti dan bahan yang belum dimengerti. Pemberian umpan balik terhadap proses belajar dan hasil belajar agar terjadi penguatan adalah penting. Umpan balik memberikan informasi korektif kepada peserta didik. Dwi Haryoto (1989 : 15) mengemukakan bahwa umpan balik yang diberikan dapat dengan menunjukan sumber kesalahan siswa dalam pemecahan persoalan, mengembalikan hasil latihan dan tes serta memberikan jawaban pemecahan persoalan tersebut. Dapat pula dengan menambah komentar-komentar atau peringatan kepada murid. Setiap siswa yang mencoba untuk mengerti suatu bahan akan lebih mengerti apabila ia mendengar dari pengajar mana yang sudah ia mengerti dan belum ia mengerti. Sehingga ia membutuhkan koreksi, komentar dan catatan dari pengajar. Disitulah letak kekuatan yang mendorong murid (Rooijakkers, 1989 : 68 – 69). 

Tidak ada komentar: