Selasa, 22 November 2016

Pemanfaatan Data Hasil Penilaian


Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil pendidikan dapat melalui pemanfaatan data hasil penilaian. Hasil penilaia, baik melalui tes maupun bukan tes, besar seklai manfaatnya bila dikaji dan digunakan untuk upaya proses belajar-mengajar. Kajian hasil penilaian sebuah tes (formatif maupun sumatif) dapat memberikan gambaran tentang hasil belajar yang dicapai siswa setelah ia menempuh proses belajar mengajar.
Data hasil penilaian formatif dapat diperoleh guru secara langsung pada akhir proses belajar-mengajar berupa skor pascates. Data ini, di samping menggambarkan penguasaan tujuan instruksional oleh para siswa, juga memberi petunjuk pada guru tentang keberhasilan dirinya dalam mengajar. Oleh sebab itu, data ini sangat bermanfaat bagi guru dalam upaya memperbaiki tindakan mengajar selanjutnya. (Sudjana, 2006)
Lebih lanjut Nana Sudjana (2006), mengemukakan bahwa data hasil penilaian formatif, termasuk catatan kelemahan para siswa, sebaiknya dicatat dan didokumentasikan sehingga perkembangan kemajuan belajar siswa dari waktu ke waktu mudah dilihat. Data ini juga dapat dijadikan pertimbangan bagi pengisian nilai raport siswa pada akhir caturwulan atau semester di samping penilaian sumatif.
Apabila di sekolah ada guru pembimbing maka data dan informasi kelemahan siswa yang diperoleh melalui kajian hasil penilaian tersebut dapat disampaikan kepada guru pembimbing itu agar dapat dijadikan bahan dalam upayanya memberikan bimbingan kepada siswa  yang bersangkutan. Kerja sama  guru bidang studi dengan guru pembimbing sangat diharapkan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.


Tidak ada komentar: