Kemampuan Belajar Siswa (skripsi dan tesis)
Ada beberapa unsur atau prinsip yang digunakan
guru dalam memotivasi belajar siswa agar memiliki kemampuan mengerjakan
soal-soal, dalam hal ini adalah kemampuan menyelesaikan prediksi soal-soal
ujian nasional mata pelajaran materi memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi , menurut
Hamalik (1994: 67-68), antara lain : prinsip kebermaknaan agar siswa mau
mempelajari dan memperoleh makna bagi dirinya, prasyarat yaitu siswa agar
menyukai pelajaran, model yaitu memperoleh perubahan tingkah laku, komunikasai
terbuka yaitu siswa memperoleh pesan-pesan guru secara terbuka, memikili daya
tarik sehingga siswa lebih tertaik dan menyenangkan, aktif dalam latihan, yang
terbagi sesuai dengan pokok-pokok bahasan (indikator), tekanan pada tujuan yang
ingin dicapai (sesuai silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran), dan
keadaan yang menyenangkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar