Senin, 26 Oktober 2015

Pengertian Populasi dan Sample


1. Populasi (Population)
Population atau Universe adalah jumlah dari keseluruhan objek (satuan-satuan/ individu-individu) yang karakteristiknya hendak diduga. Satuan-satuan/  individu-individu ini disebut unit analisis. Unit analisis mungkin merupakan orang, rumah tangga, tanah pertanian, perusahaan dan lain-lain dalam bentuk yang biasa dipakai dalam survei. Mungkin juga merupakan sejumlah kartu punch atau hasil; produksi mesin untuk berbagai jenis bentuk analisis. Unit analisis juga sering disebut elemen dari populasi.
Dalam suatu penelitian mungkin sekali unit analisisnya lebih dari satu, seperti rumah tangga dan orang, tanah pertanian dan luas panenan dalam hektar.
Keterangan-keterangan (karakteristik) yang dikumpulkan dari unit analisis membentuk suatu data statistik.
2.Sampel (Sample)
Sampel adalah sebagian dari populasi yang karakteristiknya hendak diselidiki, dan dianggap bisa mewakili keseluruhan populasi (jumlahnya lebih sedikit daripada jumlah populasinya). Satu- satuan yang akan diteliti di dalam sampel dinamakan unit sampel.  Unit sampel ini akan dipilih dari kerangka sampel. Unit sampel mungkin sama dengan unit analisis, tetapi mungkin juga tidak. Sebagai contoh misalnya untuk mengumpulkan informasi tentang orang dapat menggunakan daftar yang lengkap dari sensus dan mengambil langsung dari daftar tersebut. Tetapi mungkin juga memilih rumah tangga sebagai unit sampel dan orang-orang yang berada dalam rumah tangga tersebut sebagai unit analisis. Atau kita dapat memilih bangunan sebagai unit sampel dan orang-orang yang berdiam dalam bangunan tersebut sebagai unit analisis.

Tidak ada komentar: