Minggu, 20 September 2015

Unsur Berita (Konsultasi Skripsi, SKRIPSI, Jogja, Komunikasi, Judul Komunikasi)

Menurut Fedler (1997), ada dua jenis berita yang biasa digunakan media cetak untuk menyampaikan informasinya, yaitu:
a.             Hardnews
 Jenis berita yang isinya memuat tentang topik - topik penting maupun kisah serius dan terbatas oleh waktu. Berita ini identik dengan kecepatan, dimana makin cepat makin up to date dan makin lambat makin basi. Jenis ini biasa juga disebut dengan straightnews. Bentuk penulisan beritanya pun menggunakan pola piramida terbalik, dimana unsur-unsur yang paling penting berada di atas dan keterangan atau informasi yang paling tidak penting diletakkan paling akhir.
b.             Softnews
Jenis berita yang isinya memuat tentang kisah-kisah minat insani (human interest) dan features. Bentuk ini cenderung bersifat menghibur dan menyentuh emosi pembacanya di samping memberikan informasi. Pemberitaan softnews juga tidak terikat oleh waktu seperti halnya berita langsung. Penulisannya juga tak seketat berita langsung, dimana di dalamnya bisa saja terdapat kutipan, anekdot maupun deskripsi objek pemberitaan.
 Berkaitan dengan bagaimana konflik dalam muktamar luar biasa itu diceritakan oleh surat kabar dalam pemberitaannya digunakan dua bentuk penyajian berita yang merujuk pada jenis berita yang disebutkan oleh Fedler. Bentuk penyajian tersebut adalah straightnews dan features, dimana bentuk straightnews digunakan untuk mewakili hardnews dan bentuk features untuk mewakili softnews. Berikut penjelasan tentang kedua bentuk penyajian tersebut:
a)      Berita langsung (straightnews).
Setiap berita yang ditulis sebagai pengungkapan fakta secara sederhana, tanpa dimasukkannya pendapat editor atau wartawan yang bersangkutan, termasuk dalam kategori ini. Penulisannya disajikan secara singkat dan formaldengan mengikuti pola tulisan yang tetap yaitu piramida terbalik, dimana informasi yang disajikan bersifat umum dan tak mendalam
b)      Features
Kategori ini mudah sekali dikenal karena biasanya mempunyai keterangan tambahan dan termasuk di dalamnya pendapat atau saran-saran penulis. Features adalah artikel atau cerita, biasanya disertai kepentingan manusiawi yang melatarbelakangi keterangan berita. Feature biasanya dimaksudkan untuk menawan minat lebih lama daripada berita biasa, dan tidak perlu dimuat pada tanggal tertentu. Feature dalam arti sempit adalah tulisan khas yang sifatnya bisa menghibur, mendidik, memberi informasi dan sebagainya mengenai aspek kehidupan dengan gaya yang bervariasi. Selain itu, untuk melawan kebasian berita, terdapat gaya penulisan yang disebut dengan news feature, dimana bentuk berita langsung disajikan dengan penuh warna, kedalaman, komentar dan fakta lain sehingga menjadi feature (Zain; 1992).

Tidak ada komentar: