Senin, 28 September 2015

Pengertian Gizi (Konsultasi Skripsi, SKRIPSI, Jogja, Kedokteran, Judul Kedokteran, Judul Keperawatan, Keperawatan, kesehatan, Judul Kesehatan)

Kata gizi berasal dari Bahasa Arab, ghidza yang beratri “makanan” di satu sisi ilmu gizi berkaitan dengan makanan dan di sisi lain dengan tubuh manusia. Secara klasik kata gizi hanya dihubungkan dengan kesehatan tubuh, yaitu untuk menyediakan energi, membangun dan memelihara jaringan tubuh, serta mengatur proses kehidupan dalam tubuh. Tetapi sebuah kata gizi mempunyai pengertian lebih luas di samping untuk kesehatan, gizi dikaitkan dengan potensi ekonomi seseorang, karena gizi berkaitan dengan perkembangan otak kemampuan belajar dan produktivitas kerja (Almatsier, 2001).
Zat gizi atau disebut nutrient adalah setiap zat yang dicerna, diserap dan digunakan untuk mendorong kelangsungan faal tubuh. Beberapa zat gizi dapat dibuat oleh tubuh sendiri dan sebagian besar lainnya harus diperoleh dari makanan yang di konsumsi sehari-hari. Zat gizi yang diperlukan tubuh terdiri dari (1) karbohidrat, (2) protein, (3) lemak, (4) vitamin, (5) mineral dan air (Auliana, 2001).
Berdasarkan fungsinya tubuh manusia memerlukan zat gizi untuk memperoleh energi, guna melakukan kegiatan fisik sehari-hari atau sebagai zat tenaga, untuk proses tumbuh kembang pada anak, penggantian jaringan tubuh yang rusak atau sebagai zat pembangunan serta untuk mengatur semua fungsi tubuh serta melindungi tubuh dari penyakit atau sebagai zat pengatur.
Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai tenaga, protein berfungsi sebagai zat pembangun, sedangkan vitamin dan mineral berfungsi sebagai zat pengatur.  

Tidak ada komentar: